Pemilu 2019

Hoaks Informasi Pemilih Dapat Mencoblos Hanya dengan E-KTP, Ini Penjelasan Ketua KPU DKI Jakarta

Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan setiap pemilih dapat mencoblos di TPS hanya tunjukkan e-KTP, ini tanggapan Ketua KPU.

Hoaks Informasi Pemilih Dapat Mencoblos Hanya dengan E-KTP, Ini Penjelasan Ketua KPU DKI Jakarta
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

TRIBUNWOW.COM - Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan setiap pemilih dapat mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS) dengan hanya menunjukkan e-KTP.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos menegaskan informasi itu adalah hoaks.

Pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) atau daftar pemilih tambahan (DPTb) hanya bisa mencoblos di TPS yang berada di wilayah asal, sesuai dengan yang tertera di e-KTP.

"Pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT atau DPTb, kita masukkan dalam daftar pemilih khusus (DPK). Sekarang yang berkembang di sosial media bahwa semua pemilik e-KTP atau suket pengganti e-KTP bisa menggunakan hak pilihnya dimanapun," ujar Betty di Polda Metro Jaya, Senin (15/4/2019).

"Yang perlu diluruskan adalah pemilih tidak akan kehilangan hak pilihnya sepanjang dapat menunjukkan KTP elektronik atau suket pengganti KTP elektronik sesuai alamat tertera," kata dia lagi.

KPU: Pemilih Dapat Mencoblos setelah Pukul 13.00 dengan Beberapa Ketentuan

Betty mengatakan, pemilih yang masuk dalam DPK melakukan pencoblosan mulai pukul 12.00-13.00 dengan syarat surat suara masih tersedia di TPS sesuai dengan alamat yang tertera di e-KTP.

"Sepanjang ada surat suaranya, kami akan melayani hak pilihnya sebagak DPK. Kalau tidak ada surat suaranya, maka bisa menggeser ke TPS di sampingnya, bisa beda RT, RW, atau kelurahan," ujar Betty.

KPU Diminta Gencar Sosialisasi Prosedur Tata Cara Pencoblosan Pemilu dan Pilpres di Masa Tenang

Pemilih pun diimbau untuk lebih dulu memastikan, apakah dirinya sudah tercatat di DPT atau belum.

Untuk mengetahui apakah pemilih sudah tercatat di DPT atau belum, pemilih bisa mengecek di kantor KPU Kabupaten/Kota terdekat atau online melalui portal htpps://lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hoax, Pemilih Bisa Mencoblos Hanya dengan E-KTP"

WOW TODAY

Ikuti kami di
Editor: Rekarinta Vintoko
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved