Terkini Daerah

Agus Trihatmoko: Pasar Jajanan di Pematang Sawah Pinggir Sungai Siap Berdayakan Ekonomi Desa

Ekonom dari Universitas Surakarta Agus Trihatmojo sukses dampingi warga Dusun Klebrekan, Desa Tamansari, dalam pemberdayaan ekonomi desa.

Agus Trihatmoko: Pasar Jajanan di Pematang Sawah Pinggir Sungai Siap Berdayakan Ekonomi Desa
Rilis Tribun Wow
Agus Trihatmoko (berbaju putih) saat melihat pasar jajanan Dusun Klebrekan. 

TRIBUNWOW.COM - Ekonom dari Universitas Surakarta, Agus Trihatmoko, hadir mendampingi warga Dusun Klebrekan, Desa Tamansari, Kerjo, Karanganyar, dalam pemberdayaan ekonomi desa menuju desa mandiri.

Berdasarkan rilis yang diterima TribunWow.com, kegiatan berupa pasar jajanan itu sukses diluncurkan pada Sabtu, (23/3/2019) hingga Minggu (24/3/2019).

Ide tersebut merupakan rancangan kelompok pemuda yang didampingi Agus sejak pertengahan tahun 2018 dalam rangka pelaksanaan Program Kerja Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Surakarta.

Program itu berupa pasar jajanan dengan menjual produk-produk hasil pertanian, serta makanan tradisional era dulu pada pengunjung.

Lokasi pasar juga tampak asri dengan tertata rapi dengan nuansa alami lorong desa sekitar pematang sawah dan tepian sungai.

Para penjual terdiri dari para ibu dan kaum petani yang dikoordinasikan secara kompak oleh karang taruna dan tokoh masyarakat Dusun Klebrekan.

Sementara pengunjung dan pembeli berasal dari kalangan masyarakat lingkup Desa Tamansari.

"Banyak ide dan inisiatif pembangunan ekonomi desa, namun masih jarang keberanian memulai dan meneruskan secara berkelanjutan," ujar Agus Trihatmoko.

Agus berharap program itu bisa menjadi bagian pemerataan desa nasional.

"Setiap upaya pembangunan desa yang demikian perlu terus didorong dan didukung oleh pemerintah desa, daerah dan pusat, serta civitas akademika sebagai pendorong kemajuan masyarakat," tambah Agus.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Tiffany Marantika Dewi
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved