Terkini Daerah

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Sejumlah Titik di Yogyakarta, Warga Dievakuasi

Hujan yang terjadi sejak Sabtu (16/3/2019) mengakibatkan banjir serta tanah longsor di sejumlah titik di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Banjir dan Tanah Longsor Terjang Sejumlah Titik di Yogyakarta, Warga Dievakuasi
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Petugas melakukan evakuasi warga yang terdampak luapan sungai Celeng di Cebolan, Paduresan, Imogiri Bantul menggunakan perahu karet. 

TRIBUNWOW.COM - Hujan yang terjadi sejak Sabtu (16/3/2019) mengakibatkan banjir serta tanah longsor di sejumlah titik di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY Wahyu Pristiawan di Yogyakarta, Minggu malam, mengatakan sejumlah titik bencana banjir dan longsor itu tersebar di Kabulaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, dan Kulon Progo.

"Kami masih melakukan pendataan di lapangan, tetapi untuk longsor paling signifikan di sejumlah titik di Kulon Progo," kata Wahyu, seperti dikutip dari ANTARA.

Wahyu mengatakan hingga saat ini bencana longsor terpetakan di tujuh titik di Kulon Progo, yang tersebar di daerah Kokap, Samigaluh, dan Girimulyo.

Atas Nama Demokrat, AHY Dukung Upaya BNPB hingga Tim SAR Tangani Banjir Bandang Jayapura

Sedangkan di Kabupaten Bantul, bencana longsor terjadi di Imogiri, tepatnya di kawasan arah menuju Dlingo.

Anggota TRC BPBD DIY Endro Sambodo mengatakan, berdasarkan laporan tim di lapangan sebagian besar bencana akibat curah hujan yang tinggi hingga saat ini adalah banjir atau luapan air.

Menurut dia, bencana banjir paling parah di Imogiri timur dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter.

Hingga saat ini, Tim TRC BPBD bersama para relawan telah melakukan evakuasi warga dengan perahu karet ke tempat pengungsian atau bangunan-bangunan yang tinggi.

"Evakuasi kami dahulukan anak-anak, manula, dan kelompok rentan lainnya," katanya.

Tim TRC dari BPBD DIY bersama BPBD kabupaten/kota telah disiagakan untuk mengantisipasi potensi bencana mengingat curah hujan cukup tinggi sejak pagi.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Claudia Noventa
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved