Terkini Daerah

Arahan Presiden Jokowi untuk Penangan Banjir Bandang di Sentani Papua

Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk penanganan banjir bandang yang menghantam Kota Sentani, Jayapura, Papua, pada Sabtu (18/3/2019) lalu.

Arahan Presiden Jokowi untuk Penangan Banjir Bandang di Sentani Papua
dok. BNPB
Banjir bandang yang melanda 9 kelurahan di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, pada Sabtu (16/3/2019) pukul 21.30 WIT menimbulkan banyak korban dan kerusakan. Banjir melanda Kelurahan Barnabas Marweri, Piter Pangkatana, Kristian Pangakatan, Didimus Pangkatana, Andi Pangkatana, Yonasmanuri, Yulianus Pangkatana, Nelson Pangkatan, dan Nesmanuri. 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk penanganan banjir bandang yang menghantam Kota Sentani, Jayapura, Papua, pada Sabtu (18/3/2019) lalu.

Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Doni Monardo sudah memberikan laporan kepada Presiden Jokowi mengenai bencana yang menewaskan sedikitnya 77 orang itu.

Presiden Jokowi pun memberikan dua arahan kepada BNPB.

Bayi 5 Bulan Selamat setelah Berjam-jam Terperangkap Reruntuhan Rumah, akibat Banjir Bandang Papua

"Pertama, percepat evakuasi korban agar jumlah korban luka dan meninggal dunia tidak terus bertambah," kata Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di kantornya di Jakarta, Senin (18/3/2019).

Sutopo memastikan, saat ini Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI dan relawan terus melakukan penanganan darurat.

Evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban masih dilakukan.

Sejumlah posko telah didirikan untuk memudahkan koordinasi. 

Hingga Minggu (17/03) pukul 10.00 WIB, tercatat dampak banjir bandang yang menerjang sembilan kelurahan di Kabupaten Sentani, Papua, sebanyak 50 orang meninggal dunia dan 59 orang luka-luka.
Hingga Minggu (17/03) pukul 10.00 WIB, tercatat dampak banjir bandang yang menerjang sembilan kelurahan di Kabupaten Sentani, Papua, sebanyak 50 orang meninggal dunia dan 59 orang luka-luka. (RELAWAN SQUAD PB INDONESIA)

Selain 77 korban tewas, ada juga 74 orang yang luka-luka dan 43 orang belum ditemukan.

"Kedua, Presiden menginstruksikan segera dilakukan rehabitalisi di pegunungan agar kejadian serupa tidak terulang lagi," ujar Sutopo.

Viral Video Anggota TNI Selamatkan Bayi Korban Banjir Sentani yang Terkubur 6 Jam di Kolong Rumah

Sutopo mengatakan, banjir bandang ini memang terjadi karena peningkatan kerusakan hutan di Gunung Siklop.

Di bagian bawah gunung itu sudah mulai gundul, karena adanya pembabatan untuk pembukaan ladang, kebun, hingga perumahan.

"Sejak September 2018, BNPB sudah memperingatkan Pemda Jayapura agar hati-hati terkait ancaman banjir bandang karena kerusakan hutan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Banjir Bandang Sentani Tewaskan 77 Orang, Ini Instruksi Presiden Jokowi

Ikuti kami di
Editor: Claudia Noventa
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved