Prostitusi Online

Vanessa Angel Kemungkinan Bisa Keluar dari Penjara, Komnas Perempuan: Dia adalah Korban

Vanessa Angel dapat keluar dari penjara melalui penangguhan penahanan yang diajukan Komnas Perempuan yang memandang Vanessa sebagai korban.

Vanessa Angel Kemungkinan Bisa Keluar dari Penjara, Komnas Perempuan: Dia adalah Korban
SURYA/MOHAMMAD ROMADONI
Vanessa Angel didampingi penyidik usai menjalani pemeriksaan lanjutan di Polda Jatim. 

TRIBUNWOW.COM - Artis Vanessa Angel (VA) dinyatakan bisa keluar dari penjara, jika rekomendasi Komisi Nasional (Komnas) Anti-kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) dikabulkan penyidik.

Komnas Perempuan menyatakan Vanessa Angel adalah korban yang dijual ke lelaki hidung belang oleh muncikari.

Atas dasar tersebut Komnas Perempuan mengajukan penangguhan penahanan.

Diberitakan Surya.co.id, Komisioner Komnas Perempuan Sri Nurherwati, mendesak pimpinan kebijakan di polda Jawa Timur supaya segera mengabulkan permohonan penangguhan penahanan pada Vanessa Angel, Kamis (28/2/2019).

Alasan Polisi Belum Panggil Rian, Pengusaha yang Bayar Rp 80Juta demi Kencan dengan Vanessa Angel

Komnas Perempuan juga meminta supaya Polda Jawa Timur memberikan layanan pemulihan dengan konseling psikologi pada artis FTV itu.

"Kami mengusulkan supaya dilakukan pemulihan terhadap VA, maka harus melalui layanan konseling psikologi yang nantinya dilakukan lembaga layanan Safi Amira di Surabaya," ungkap Sri Nurherwati, Kamis (28/2/2019).

Hasil rapat paripurna Komnas Perempuan menilai Vanessa Angel adalah korban.

"Bagaimanapun juga itu hak mereka apapun status hukumnya harus tetap diberikan. Kami meminta dan mempertimbangkan penangguhan penahanan dengan melihat kapasitasnya (Vanessa Agel) sebagai korban," tambahnya.

Pihak Polda Jatim akan mengkaji terkait permohonan penangguhan penahanan terhadap Vanessa Angel.

Bibi Ardiansyah Bongkar Chat Vanessa Angel dengan Muncikari, Pertanyakan Rian Pelanggan Prostitusi

"Akan kami pertimbangkan penangguhan penahanan itu asalkan tidak menganggu kepentingan penyidikan, sisi hukum dan lainnya yang menyangkut kasus prostitusi online," ungkap Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan, Kamis (28/2/2019).

Sebelumnya diberitakan Kompas.com  Komnas Perempuan menilai kasus yang menimpa Vanessa Angel terlalu luas sehingga perlu dikaji lebih dalam lagi, Rabu (6/2/2019) .

Ketua Komnas Perempuan Azriana Manalu menjelaskan status Vanessa Angel sulit ditentukan karena luasnya kasus prostitusi online.

"Spektrum prostitusi itu luas ya, dari secara gamblang bisa dikenali perempuannya korban, sampai yang susah dikenali dia korban," kata Azriana saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

"Kasus VA itu susah dikenali dia sebagai korban karena dia public figure terus dia prostitusinya online, gitu," sambung dia.

Masih banyak pertanyaan yang perlu dikaji terkait tujuan utama Vanessa Angel melakukan tindak prostitusi online tersebut.

"Kalau kita melihat kan kita belum masuk terlalu jauh. VA melakukan itu semua untuk kepentingan siapa? Apakah dia bebas eksploitasi? Kan kita belum tahu. Itu semua harus dikaji lebih dalam," jelasnya.

(TribunWow.com/Ami)

Ikuti kami di
Penulis: AmirulNisa
Editor: Lailatun Niqmah
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved