Kabar Tokoh

Tanggapi Kabar Abu Bakar Ba'syir Batal Dibebaskan, Jubir Keluarga: Kami Akan Berjuang Terus

Jubir sekaligus putra Abu Bakar Ba'asyir mengungkapkan akan tetap berjuang untuk kebebasan sang ayah.

Tanggapi Kabar Abu Bakar Ba'syir Batal Dibebaskan, Jubir Keluarga: Kami Akan Berjuang Terus
TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Abu Bakar Ba'asyir 

TRIBUNWOW.COM - Juru bicara (jubir) keluarga, Abdul Rachim Ba'asyir sekaligus putra dari terpidana Bom Bali 2002 membenarkan jika Abu Bakar Ba'asyir memang batal dibebaskan dari Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mengetahui hal itu, Abdul Rachim mengungkapkan bahwa pihaknya akan tetap berjuang untuk kebebasan Ketua Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) itu.

"Belum," ucap Abdul Rachim seperti dikutip TribunWow.com dari Tribunsolo.com, Rabu (23/1/2019).

"Hari ini Ustaz ABB (Abu Bakar Ba'asyir) belum bisa dibebaskan, tapi kami akan berjuang terus," tegasnya.

Pembatalan putusan dari pemerintah atas pembebasan Abu Bakar Ba'ayir itu juga dipastikan oleh Kepala Staf Presiden, Moeldoko.

Mahfud MD Sebut Abu Bakar Baasyir Tak Bisa Bebas Murni: Kecuali Mau Ubah Aturan untuk Keperluan Ini

Moeldoko mengatakan bahwa syarat bebas terpidana tak boleh dinegosiasikan.

"Iya (tidak dibebaskan). Karena persyaratan itu tidak boleh dinegosiasikan. Harus dilaksanakan," ujar Moeldoko saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com Selasa (22/1/2019).

Diketahui sebelumnya, Abu Bakar Ba'asyir tidak mampu memenuhi syarat sesuai ketentuan bebas bersyarat yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, serta Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat.

Terdapat empat syarat untuk pemenuhan bebas bersyarat, satu diantaranya yakni menjalani dua per tiga masa pidana, Abu Bakar Ba'asyir telah memenuhi syarat tersebut, dimana masa pidananya 15 tahun dan hingga kini telah menjalani masa tahanan 9 tahun.

Soal Rencana Pembebasan Abu Bakar Baasyir, Fadli Zon: Hukum Jangan Jadi Mainan Politik

Sedangkan untuk tiga syarat lainnya termasuk menyatakan ikrar kesetiaan pada NKRI dan Pancasila secara tertulis, Abu Bakar Ba'asyir enggan menandatangani, ia berdalih hanya akan setia pada ajaran Islam, tidak lainnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Bobby Wiratama
Sumber: Tribun Solo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved