Terkini Daerah

Kata BMKG soal Beredarnya Isu Tsunami akan Terjadi di Tapanuli Tengah

Dari pantauan BMKG, tidak ditemukan perubahan gelombang air laut yang signifikan serta tidak ditemukan adanya gejala tsunami.

Kata BMKG soal Beredarnya Isu Tsunami akan Terjadi di Tapanuli Tengah
Instagram/@infobmkg
Press realease pernyataan resmi BMKG terkait isu tsunami yang tersebar di Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Sulawesi Utara, Kamis (10/1/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan pernyataan resmi untuk menanggapi isu yang mengatakan akan terjadi tsunami di Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Pernyataan itu dikeluarkan MKG melalui akun Instagram resminya, @infobmkg, Kamis (10/1/2019).

Pernyataan BMKG ini menanggapi isu yang beredar bahwa tsunami akan terjadi di Tapanuli Tengah pada tanggal 10 Januari 2019 pukul 02.30 WIB.

Dalam siaran resminya, BMKG menyebut tidak ada aktivitas kegempaan di Tapanuli dan sekitarnya.

Dari pantauan BMKG, tidak ditemukan perubahan gelombang air laut yang signifikan serta tidak ditemukan adanya gejala tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya atas isu-isu terkait tsunami yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Fadli Zon Soroti Anggaran BMKG, Politisi Hanura: Bencana di Indonesia Hanya sebagai Alat Politik

Berikut pernyataan resmi dikeluarkan BMKG:

"Mencermati isu tsunami di daerah Tapanuli Tengah pada hari Kamis tanggal 10 Januari 2019 sekitar pukul 02.30 WIB, maka Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan tanggapan sebagai berikut:

1. Seketika itu BMKG segera melakukan analisis rekaman data sinyal seismik di sensor terdekat dimana hasilnya tidak ada aktivitas kegempaan di Tapanuli dan sekitarnya.

2. Hasil pengamatan stasiun pasang surut (tide gauge) di wilayah Sumatera Utara, (Sibolga, Gunung Sitoli, Lahewa, Teluk Dalam, Pulau Tello, dan Tanabala) tidak ditemukan perubahan gelombang air laut yang signifikan (hanya gejala normal pasang surut harian) .

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved