Terkini Daerah

Terkait Razia Anjing dan Kucing di Jakarta, Asosiasi Pencinta Hewan akan Dampingi Tanpa Demo

Asosiasi pencinta hewan akan pastikan proses sosialisasi dan razia hewan penular rabies berjalan sesuai dengan peraturan yang ada tanpa aksi demo.

Terkait Razia Anjing dan Kucing di Jakarta, Asosiasi Pencinta Hewan akan Dampingi Tanpa Demo
dailynews.lk
Ilustrasi anjing rabies 

TRIBUNWOW.COM - Asosiasi Gerakan Anti Kekerasan Hewan Domestik Indonesia (Gakhdi) diketahui akan mendampingi jalannya sosialisasi dan razia anjing dan kucing oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Wakil Ketua Gakhdi, Walder Torusan Pasaribu hanya akan memastikan proses sosialisasi dan razia hewan penular rabies (HPR) oleh KPKP berjalan sesuai dengan peraturan yang ada tanpa aksi demo. 

"Iya kita akan mendampingi, kita enggak ada demo-demo, kita cuma memastikan proses berjalan sesuai dengan undang-undang yang ada," ungkap Walder seperti dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Selasa (8/1/2019).

Dirinya juga menyampaikan tujuan Gakhdi melakukan pengawalan itu agar proses sosialisasi dan pengamanan HPR dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Ada Peraturan Pemerintah No. 95 tahun 2012 pasal 83 ayat 1&2, Perda DKI No. 11 tahun 1995 dan Pergub DKI no 199 tahun 2016," jelas Walder.

Ketiga peraturan tersebut mengatur mengenai kesehatan serta kesejahteraan hewan.

Sementara itu, sejauh ini sudah ada tiga organisasi maupun komunitas yang akan bergabung melakukan pengawalan kegiatan tersebut.

Organisasi atau komunitas itu diantaranya Cat Lover In the World (Clow), Jakarta Dog Lover, dan Garda Satwa Indonesia.

Lebih lanjut, Kepala KPKP DKI Jakarta Sri Hartati mengatakan bahwa kegiatan ini sudah bekerja sama dengan penyayang binatang dan hewan yang tertangkap akan ditempatkan di penampungan.

"Kami sudah kerja sama dengan penyayang (binatang), ada selter yang mau menampung," ucap Sri Hartati seperti dikutip Kompas.com, Senin (7/1/2019).

Soal Rencana DKI Jakarta Razia Kucing, Anies Instruksikan untuk Tunda Kegiatan Penangkapan

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved