Kabar Tokoh

Soal Isi Ceramah Habib Bahar, TGB Zainul Majdi: Sampaikan Nasihat yang Baik, Bukan dengan Menghujat

Menurut TGB, bila seorang penceramah menyampaikan nasihatnya tidak dengan cara yang baik bisa berujung pada penciptaan fitnah di tengah masyarakat.

Soal Isi Ceramah Habib Bahar, TGB Zainul Majdi: Sampaikan Nasihat yang Baik, Bukan dengan Menghujat
Tribunnews/Jeprima
TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) saat menggelar konferensi pers terkait pemberitaan Majalah Tempo di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2018). TGB akan melayangkan somasi kepada majalah Tempo atas pemberitaan tentang dirinya pada edisi 17 dan 18 September 2018. 

TRIBUNWOW.COM - Mantan Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi memberikan tanggapan soal isi ceramah Habib Bahar bin Smith.

Dilansir TribunWow.com dari Tribunnews.com, Menurut TGB, bila seorang penceramah menyampaikan nasihatnya tidak dengan cara yang baik bisa berakibat kontraproduktif dan berujung pada penciptaan fitnah di tengah masyarakat.

TGB mengatakan, sebagai seorang tokoh masyarakat dan dai, sudah selayaknya mereka yang termasuk didalamnya menampilkan nilai dan keadaban islam yang sesungguhnya dalam menyampaikan isi ceramah.

Apalagi jika penyampaiannya itu dilakukan di hadapan publik.

"Saya pikir kita, siapapun, apalagi sebagai tokoh umat, kita berusaha semaksimal mungkin untuk menghadirkan keadaban islam, yang baik di ruang publik, keadaban islam itu termasuk diantaranya pola interaksi kita jauhkan diri dari saling menghujat, mengumpat. Apalagi sesama anak bangsa, termasuk kepada pemimpin-pemimpin kita," terang TGB saat ditemui di Gedung PBNU, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Berdebat Sengit di Depan Layar, Inilah Percakapan antara Habib Bahar dan Ali Ngabalin saat Jeda

Lebih lanjut, TGB mengatakan jika ceramah habib Bahar tidak mencerminkan nilai dan keadaban islam.

TGB berpendapat, isi ceramah atau nasihat yang disampaikan, dalam konteks keadaban islam harusnya memiliki tutur bahasa menyejukkan, dan bukan sebaliknya.

"Keadaban Islam itu mengharuskan kita untuk menyampaikan nasihat yang baik bukan dengan mengujat," katanya.

TGB memaparkan, saat memberikan nasihat, tutur kata yang santun dari seorang penceramah adalah hal yang wajib dalam beragama.

Hal ini juga termasuk bila penyampaikan itu bertujuan untuk memberikan kritik.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Ananda Putri Octaviani
Editor: Wulan Kurnia Putri
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved