Travel dan Kuliner

Mengurai Indianisasi Tanah Jawa, Komunitas Pencinta Jawa Kuno Buka Kelas Baru

Komunitas Sraddha membuka kelas baru untuk pencinta kesusasteraan Jawa kuno.

Mengurai Indianisasi Tanah Jawa, Komunitas Pencinta Jawa Kuno Buka Kelas Baru
KOMPAS.com/NAZAR NURDIN
Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017. 

TRIBUNWOW.COM - Tak banyak anak-anak muda zaman modern saat ini menyukai hal-hal yang berhubungan dengan peninggalan zaman kuno. Seperti naskah kuno misalnya.

Di Solo, Jawa Tengah, terdapat komunitas pencinta kesusasteraan Jawa kuno yang dibentuk sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sebagai bentuk apresiasi terhadap peninggalan bersejarah.

Komunitas pencinta kesusasteraan Jawa kuno tersebut bernama Komunitas Sraddha.

Komunitas ini sedang mengadakan pembukaan kelas bagi masyarakat umum untuk mengenal lebih dalam mengenai Sastra Jawa melalui naskah kuno.

Dilansir TribunWow.com dari Intagramnya, @sraddhainstitute, Kamis (6/12/2018), membuka kelas baru yang akan diadakan di dataran tinggi Dieng 7-9 Desember 2018 untuk membahas mengenai Indianisasi Tanah Jawa.

6 Zodiak yang Punya Bakat Alami dan Penuh Pesona untuk Menarik Perhatian Pria

Rendra Agusta sebagai pelopor komunitas tersebut menjelaskan, "Kegiatan komunitas Sraddha kali ini diadakan di dataran tinggi Dieng untuk memperkenalkan kepada masyarakat awal mula masuknya agama Hindu Budha ke nusantara."

"Tempat ini dipilih sebagai kelas lapangan karena penyebaran awal agama Hindu Budha di Jawa Tengah bertempat di  dataran tinggi Dieng," lanjut mereka.

Selain mengenal agama Hindu Budha, Indianisasi juga memiliki pengaruh terhadap nusantara, antara lain menjadi mengenal tulisan dan mengenal sistem pemerintahan kerajaan.

Selama tiga hari, kelas lapangan yang diadakan komunitas Sraddha bertempat di candi-candi Dieng dan Situs Liyangan.

Untuk biaya kelas, satu orang harus membayar sejumlah Rp 187 ribu.

6 Cara Mudah untuk Mendapatkan Kulit Sehat dan Cerah

Dilansir dari Instagramnya, komunitas yang berdiri sejak April 2016 ini, membuka kelas dengan kuota peserta terbatas yaitu sebanyak 30 orang.

Pembukaan kelas baru ini memfasilitasi tempat menginap, logistik empat kali, materi, tiket dan transportasi bagi calon peserta anggota.

"Semangat pagi kawan-kawan. Bagi yang belum daftar kelas lapangan, segera yak. Kuota hampir terpenuhi. Selamat bergabung," tulis mereka dalam caption, Minggu (3/12/2018).

Pendaftaran kelas lapangan Sraddha yang diunggah di Instagram, Minggu (3/12/2018).
Pendaftaran kelas lapangan Sraddha yang diunggah di Instagram, Minggu (3/12/2018). (Instagram @sraddhainstitute)

(TribunWow.com/Atri Wahyu Mukti)
Ikuti kami di
Penulis: Atri Wahyu Mukti
Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved