Terkini Daerah

Di Magelang, Warga yang Paling Cepat Bayar Pajak Dapat Hadiah Sepeda

Pemerintah Kota Magelang memberikan hadiah kepada dua wajib pajak perorangan yang paling cepat membayar pajak bumi bangunan dan perkotaan (PBB-P2).

Di Magelang, Warga yang Paling Cepat Bayar Pajak Dapat Hadiah Sepeda
(KOMPAS.com/DOK HUMAS PEMKOT MAGELANG
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memberikan hadiah sepeda untuk warganya yang paling cepat bayar pajak, Kamis (6/12/2018). 

TRIBUNWOW.COM - Pemerintah Kota Magelang memberikan hadiah kepada dua wajib pajak perorangan yang paling cepat membayar pajak bumi bangunan dan perkotaan (PBB-P2).

Hadiah berupa sepeda gunung itu diberikan langsung oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam apel pagi di halaman setda setempat, Kamis (6/12/2018).

Keduanya adalah Titin Sudarmi, warga Kampung Sidosari, Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan dan Lilik Hermawan, warga Jalan Sinta, Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Larsita, menjelaskan hadiah tambahan sepeda itu diberikan untuk wajib pajang yang paling awal melunasi untuk kategori ketetapan PBB-P2 kurang dari Rp 100.000 dan ketetapan antara Rp 100.000-Rp 500.000.

Aparat Dicegat Kelompok Separatis saat Evakuasi 16 Jenazah Pekerja Jembatan di Nduga Papua

"Selain sepeda, kami juga berikan uang tunai sebesar Rp 600.000," imbuh Larsita.

Penghargaan juga diberikan kepada wajib pajak berprestasi, yakni untuk Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), kelurahan, perusahaan swasta, bank dan badan usaha milik daerah yang paling awal melunasi pembayaran PBB-P2 tersebut.

Menurut Larsita, pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap wajib pajak PBB-P2 yang telah memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kota Magelang.

"Apresiasi ini diharapkan dapat memacu para wajib pajak lainnya agar membayar kewajibannya lebih awal dan tepat waktu," ujarnya.

Ia menyebutkan hingga 5 Desember 2018 ini penerimaan pendapatan asli daerah yang bersumber dari PBB-P2 telah mencapai lebih dari Rp 6,3 miliar atau sebesar 110,88 persen dari target yang ditetapkan sebanyak Rp 5,7 miliar.

Adapun Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) sebanyak 36.445 wajib pajak.

Ditanya Lebih Enak Zaman SBY atau Jokowi, Yusril Ihza Mahendra: Semua Itu Enggak Ada Enaknya

Pemerintah berusaha melakukan optimalisasi penerimaan PBB-P2 tahun 2018 ini, antara lain dengan penarikan PBB-P2 secara door to door, menaikkan daftar bahan dan komponen bangunan (DBKB) dan reklas zona nilai tanah, penagihan PBB melalui layanan e-BPHTB (bea perolehan hak atas tanah dan bangunan).

“Juga melakukan pembayaran PBB-Panutan yang disertai dengan pengundian hadiah pada saat berlangsungan PBB-Panutan. Dan, pemberian penghargaan bagi wajib pajak yang membayar paling awal,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan, pembayaran pajak yang dilakukan para wajib pajak dialokasikan untuk menunjang pembangunan baik sarana fisik maupun nonfisik di Kota Magelang.

"Pembayaran pajak ini selanjutnya dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk pembangunan, infrastruktur, sarana kesehatan, pendidikan, dan lainnya," tutup Sigit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Warga yang Tercepat Bayar Pajak di Magelang Dapat Hadiah Sepeda

Ikuti kami di
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved