Terkini Daerah

Makan Waktu Pembangunan 21 Tahun, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi

Dalam peresmian yang dilakukan di gerbang tol Cigombong, Kabupaten Bogor, Presiden bercerita butuh waktu 21 tahun untuk membangun jalan tol tersebut

Makan Waktu Pembangunan 21 Tahun, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi
Kompas.com/Ambaranie Nadia
Presiden Joko Widodo didampingi jajaran menteri dan pejabat terkait meninjau Gerbang Tol Cigombong 1 usai meresmikan ruas tolBogor-Ciawi-Sukabumi seksi 1, Sabtu (1/12/2018) 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi (seksi I Ciawi-Cigombong), Sabtu (1/12/2018).

Dengan beroperasinya jalak tol ini maka bisa memangkas waktu tempuh dari sekitar 1-2 jam menjadi sekitar 10-15 menit.

Dalam peresmian yang dilakukan di gerbang tol Cigombong, Kabupaten Bogor, Presiden bercerita butuh waktu 21 tahun untuk membangun jalan tol yang memiliki pandangan indah ini.

"Penetapan lelang tol Bogor Ciawi Sukabumi 1997 sudah ditetapkan. Sudah diganti investor berapa kali ngga bisa diitung," ucapnya saat memberi sambutan.

Selanjutnya, kata Presiden, pada 2015 pemerintah melakukan negosiasi ulang untuk mengambil alih.

Kemudian, setahun kemudian pembebasan lahan baru bisa dilakukan. "Saya juga tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk membangun ini, apa karena pemandangan alam yang ada disini? Apa itu yang menyebabkan lama? Saya juga tidak tahu," katanya.

Jokowi Sebut Profesi Guru Tak Bisa Digantikan Mesin Secanggih Apapun

Berdasarkan pantauan Kontan.co.id, memang sepanjang perjalanan tol ini, terlihat dua pemandangan gunung nan asri di sisi kiri dan kanan jalan. Maka itu, atas peresmian ini dirinya ungkapkan rasa lega.

"Saya berbahagia sekali pada siang hari ini bisa meresmikan jalan tol Ciawi-Sukabumi ini untuk seksi satu Ciawi-Cigombong," tambah Presiden.

Pasalnya, dengan tol ini bisa mengefisien waktu perjalanan dari normal di jalan arteri 5-7 jam dengan hanya 10-15 menit saja.

Pun juga diharapkan dengan tol ini ekonomi di Sukabumi juga bisa berkembang dengan baik.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Bobby Wiratama
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved