Kabar Tokoh

AR Baswedan Jadi Pahlawan Nasional, Anies Apresiasi Pemerintah dan Sebut Proses Dimulai sejak 2010

Anies Baswedan memberikan apresiasinya kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang menobatkan kakeknya, AR Baswedan sebagai pahlawan nasional.

AR Baswedan Jadi Pahlawan Nasional, Anies Apresiasi Pemerintah dan Sebut Proses Dimulai sejak 2010
Grafis Tribunwow/Kurnia Aji Setyawan
Anies Baswedan - Gubernur DKI Jakarta 

TRIBUNWOW.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan apresiasinya kepada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) yang menobatkan kakeknya, Abdurrahman Baswedan, atau AR Baswedan sebagai pahlawan nasional.

Melansir Kompas.com, Kamis (8/11/2018), ia juga menyebut bahwa proses ini sebenarnya telah dimulai sejak 2010, atau delapan tahun yang lalu.

Namun baru pada 2018 ini pemerintah memberikan gelar pahlawan pada AR Baswedan.

"Kami menyampaikan apresiasi. Sebab proses ini sebenarnya dimulai 2010 diusulkan waktu itu," ujar Anies di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Anies menyebut, gelar untuk AR Baswedan sebagai pahlawan nasional ini pertama kali diusulkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Pertama yang mengusulkan itu Provinsi DIY. Karena memang almarhum hingga akhir hayatnya menghabiskan waktu di Yogyakarta. Kebetulan juga saya tinggal serumah dengan kakek mulai dari bayi sampai SMA," ujar Anies.

Diketahui AR Baswedan merupakan anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sjahrir, Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), Anggota Parlemen, dan Anggota Dewan Konstituante.

Kakeknya Terima Gelar Pahlawan Nasional, Anies Baswedan Ceritakan Kenangan Masa Kecilnya

Sebelumnya, Anies sempat menceritakan kenangan masa kecilnya ketika bersama sang kakek.

Hal ini diketahui dari unggahan di akun Instagramnya @aniesbaswedan, Kamis (8/11/2018).

"Siang tadi bersama seluruh keluarga diundang ke Istana Negara untuk menghadiri prosesi penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kakek kami, A.R. Baswedan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Maria Novena Cahyaning Tyas
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved