Kabar Tokoh

Soal Pemeriksaan Rizieq Shihab, Dubes RI Pastikan Pihaknya Beri Pendampingan hingga Perlindungan

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel memastikan akan memberikan pengayoman dan perlindungan terhadap WNI yang berada di Arab Saudi.

Soal Pemeriksaan Rizieq Shihab, Dubes RI Pastikan Pihaknya Beri Pendampingan hingga Perlindungan
Grafis Tribunwow/Kurnia Aji Setyawan
Rizieq Shihab - Pimpinan Front Pembela Islam 

TRIBUNWOW.COM - Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel memastikan akan memberikan pengayoman dan perlindungan terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Agus Maftuh Abegebriel dalam program 'Apa Kabar Petang' tvOne yang diunggah di YouTube, Kamis (8/11/2018).

Agus Maftuh Abegebriel memastikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) akan memberikan perlindungan kepada WNI yang ada di Arab Saudi, termasuk Habib Rizieq Shihab (HRS).

Sebut Ada Kejanggalan sebelum Penangkapan Rizieq Shihab, Kuasa Hukum: CCTV Tiba-tiba Hilang

"Pada prinsipnya kami KBRI Riyadh dan KBRI Jeddah akan memberikan perlindungan, pengayoman dan bantuan kepada saudara-saudara kami, para ekspatriat Indonesia yang di Arab Saudi. Termasuk dalam hal ini Habib Rizieq Shihab," ujar dia.

Dikatakannya, pihaknya tidak akan melakukan diskriminasi terhadap WNI yang mengalami persoalan hukum di Arab Saudi.

"Selama darah mereka adalah darah NKRI maka wajib hukumnya, kami sebagai pelayan warga negara indonesia yang ada di Arab Saudi untuk berikan pengayoman perlindungan dan bantuan-bantuan,"

"Dalam pendampingan jika saudara-saudara, kami para ekspatriat Indonesia berhadapan dengan permasalahan hukum di Arab Saudi," jelas Agus Maftuh Abegebriel.

Kronologi Penangkapan Habib Rizieq Shihab oleh Pihak Kepolisian Mekkah soal Pemasangan Bendera Hitam

Lebih lanjut, Agus memastikan pihaknya selalu mengikuti arahan dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Presiden Joko Widodo.

"Kami tidak pernah mempermasalahkan apakah WNI, saudara kami punya dokumen atau tidak. Selama darah mereka adalah darah NKRI maka wajib hukumnya bagi kami untuk memberikan pembelaan dan pengayoman kepada mereka," tandas dia.

Sementara dikutip dari Tribunnews.com, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan akan mendampingi seluruh WNI di luar negeri yang menghadapi kasus hukum tanpa terkecuali.

Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Christiawan Nasir mengatakan, bentuk pendampingan hukum yang dilakukan Kemlu untuk memastikan bahwa hak-hak hukum WNI terpenuhi selama menghadapi masalah hukum.

"Kita (Kemenlu) akan berikan bantuan perlindungan pendampingan dan sesuai dengan hukum yang berlaku di sana, itu yang kita lakukan. Hal yang sama kita lakukan terhadap Muhammad Rizieq Shihab," ujar pria yang kerap disapa Tata, di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Kemenlu Pastikan Beri Pendampingan pada Rizieq Shihab

Seperti diketahui, pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diduga tersangkut kasus hukum di Arab Saudi, di mana di kediaman Rizieq Shihab terpasang bendera yang mengarah pada ciri-ciri ekstrimisme.

Namun, Rizieq Shihab telah dikeluarkan dari tahanan sejak Selasa malam 6 November 2018 lalu, dengan jaminan, setelah sempat dimintai keterangan dan ditahan oleh aparat keamanan Arab Saudi. (TribunWow.com/ Rekarinta Vintoko)

Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved