Pesawat Lion Air Jatuh

RS Polri Sediakan Terapi Oksigen Hiperbarik Secara Gratis Demi Keselamatan Penyelam Lion Air JT 610

Rumah Sakit Polri Kramat Jati Jakarta Timur menyediakan terapi oksigen hiperbarik gratis kepada para penyelam yang mengevakuasi pesawat Lion Air JT610

RS Polri Sediakan Terapi Oksigen Hiperbarik Secara Gratis Demi Keselamatan Penyelam Lion Air JT 610
DOC.BASARNAS
Personel Basarnas melakukan penyelaman untuk mencari korban pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). 

TRIBUNWOW.COM - Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur menyediakan terapi oksigen hiperbarik gratis kepada para penyelam yang membantu mengevakuasi pesawat Lion Air JT 610.

Hal ini diungkapkan Penanggungjawab Pelaksanaan Terapi Hiperbarik RS Polri Kramat Jati, AKBP Karjana, Senin (5/11/2018).

"Kami mengimbau seluruh penyelam untuk melaksanakan terapi hiperbarik, sebagai dukungan operasional penyelamatan Lion Air kami berikan gratis," ucap dia seperti dikutip dari TribunJakarta.com.

Kepala Basarnas M Syaugi Menangis di Depan Keluarga Korban Lion Air JT 610: Saya Tidak Menyerah

Karjana mengungkapkan, terapi hiperbarik dilakukan guna mengantisipasi dekompresi.

Selain itu, terapi hiperbarik merupakan Standar Operasional Prosedural (SOP) yang harus dilakukan para penyelam sebelum melakukan tugasnya.

"Terapi oksigen hiperbarik ini bisa diaplikasikan sebelum penugasan penyelaman dan bisa juga setelah beberapa kali penyelaman," ucap Karjana.

Dekompresi, kata Karjana, terjadi karena adanya ada perbedaan tekanan yang terjadi saat seorang menyelam.

Akibatnya, nitrogen dalam darah akan berikatan dengan gas lain sehingga dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah bahkan bisa mengakibatkan kematian mendadak.

"Seorang penyelam tidak boleh mendadak turun ke kedalaman tertentu dalam waktu singkat, apabila dilanggar bisa menimbulkan penyakit dekompresi," ujar dia menambahkan.

7 Fakta Terbaru Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610, 14 Jenazah Terindentifikasi

Sebelum melakukan terapi hiperbarik, Karjana mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para penyelam.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Lailatun Niqmah
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved