Gempa Bumi

Gardu Listrik di Palu dan Sekitarnya Pulih 100 Persen, PLN Operasikan Kembali 1.707 Gardu Distribusi

Gardu listrik di Palu dilaporkan sudah pulih seratus persen, dan dapat dipastikan pasokan listrik wilayah terdampak bencana berangsur pulih.

Gardu Listrik di Palu dan Sekitarnya Pulih 100 Persen, PLN Operasikan Kembali 1.707 Gardu Distribusi
Akun Twitter/@Sutopo_PN
Petugas PLN berusaha semaksimal mungkin pulihkan kelistrikan di Palu, Sulawesi Tengah. 

TRIBUNWOW.COM - Gardu listrik di Palu dilaporkan sudah pulih seratus persen, dan dapat dipastikan pasokan listrik wilayah terdampak bencana berangsur pulih.

Dilansir Tribuwow.com dari Kompas.com pada Jumat (12/10/2018), hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar saat mengunjungi Gardu Induk (GI) Silae 90 MVA di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungan itu, Arcandra memastikan bahwa kelistrikan telah mulai pulih karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah bergerak cepat dalam mengatasi kelistrikan pasca bencana di Sulawesi Tengah.

"Pasca gempa, PLN telah memulihkan 100 persen gardu induk dan 45 penyulang di Palu," ujar Arcandra.

Dirinya menambahkan bahwa hasil tersebut tak luput dari bantuan 1.033 petugas tambahan PLN.

Arcandra menjelaskan bahwa upaya dari pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan seluruh pihak lain harus dikerahkan agar pemulihan di Palu, Donggala, Sigi dapat cepat terlaksana.

Dikutip dari Kontan.co.id, pasca gempa dan tsunami yang melanda Sulteng, PLN telah berhasil mengoperasikan 1.707 gardu distribusi di wilayah Palu pada Kamis (11/10/2018).

Bertemu Relawan Asing yang Mengaku Diusir dari Palu di Dalam Pesawat, Rahayu Saraswati: Ironis

"Sebagian dari pelanggan di Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi sudah kembali teraliri listrik," ungkap Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN Syamsul Huda, Kamis (11/10/2018).

Syamsul menambahkan bahwa pengaduan dari warga juga membantu PLN untuk mendapat informasi daerah mana yang masih belum teraliri listrik.

Huda menyampaikan, untuk memperlancar pemulihan sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah, PLN menyediakan posko pengaduan layanan pelanggan yang berada di kantor PLN area Palu.

Menurut Syamsul Huda, layanan tersebut diperlukan oleh pelanggan untuk proses pemulihan sistem kelistrikan agar dapat pulih maksimal.

Dilaporkan juag menyiapkan 66 unit genset, dan telah menyiapkan listrik yang diprioritaskan untuk delapan rumah sakit, dua PDAM, sebelas SPBU, sepuluh bank dan ATM, tujuh belas tempat inadah, lima belas pusat ekonomi, dan lima belas perkantoran.

Karena kondisi kelistrikan yang mulai pulih, dilaporkan juga aktivitas perekonomian warga Palu dan sekitarnya mulai tumbuh. (TribunWow.com/Mutmainah)

Ikuti kami di
Penulis: Mutmainah Rahmastuti
Editor: Bobby Wiratama
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved