Gejolak Rupiah

Sindir Sri Mulyani soal Pelemahan Rupiah, Rizal Ramli: Miskin Terobosan Benahi Faktor Internal

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Ramli melontarkan sindiran kepada Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati.

Sindir Sri Mulyani soal Pelemahan Rupiah, Rizal Ramli: Miskin Terobosan Benahi Faktor Internal
Kompas.com
Rizal Ramli 

TRIBUNWOW.COM - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli melontarkan sindiran kepada Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati.

Dilansir TribunWow.com, hal itu ia sampaikan melalui akun Twitter-nya, @RamliRizal, Kamis (4/10/2018).

Awalnya, Rizal Ramli mentautkan pemberitaan terkait pernyataan Sri Mulyani soal pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Nilai Tukar Rupiah Melemah, Said Didu: Saya Sangat Memahami Betapa Berat Beban Menkeu Saat Ini

Sri Mulyani menyebut, pelemahan rupiah terhadap dolar AS disebabkan faktor eksternal, dalam hal ini negara Italia yang mengalami defisit yang besar.

Menanggapi hal itu, Rizal Ramli mengatakan, pernyataan Menkeu adalah 'stunning statement' dan hasilnya 'stunting growth'.

Lantas, Rizal Ramli menyebut jika Menkeu hanya sibuk menyalahkan faktor eksternal tapi sedikit terobosan untuk membenahi faktor internal.

"Ini contoh “stunning statement”, tapi hasilnya “stunting growth” Sibuk nyalahin faktor external, tapi miskin terobosan untuk benahi faktor internal," tulis Rizal Ramli.

Cuitan Rizal Ramli
Cuitan Rizal Ramli (Twitter/@RamliRizal)

Sementara itu diberitakan Kompas.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan jika pelemahan rupiah terhadap dolar AS disebabkan faktor eksternal.

Sri Mulyani memastikan pelemahan rupiah tak ada kaitannya dengan bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

"Tidak (berhubungan dengan bencana). Saya lihat dominasi hari ini mayoritas berasal dari luar yang sangat dominan pada saat yang lalu. Kita lihat sentimen kemarin adalah Italia yang defisitnya besar," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

"Sekarang Italia komitmen menurunkan defisit APBN, lalu ada sentimen yang lain. Mayoritas ini masalah eksternal," tambah dia.

Sri Mulyani Tegaskan Pelemahan Rupiah Bukan karena Bencana

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help