Bank Indonesia Terima Penghargaan Tertinggi Dunia di Bidang Ekonomi Keuangan Syariah

Bank Indonesia (BI) menerima penghargaan dari Global Islamic Finance Award (GIFA) Committe dalam kategori The Best Central Bank of The Year 2018.

Bank Indonesia Terima Penghargaan Tertinggi Dunia di Bidang Ekonomi Keuangan Syariah
bi.go.id
Bank Indonesia terima penghargaan dari Global Islamic Finance Award (GIFA) Committee dalam kategori The Best Central Bank of The Year 2018. 

TRIBUNWOW.COM - Bank Indonesia (BI) menerima penghargaan dari Global Islamic Finance Award (GIFA) Committee sebagai bank sentral terbaik tahun 2018.

Dilansir TribunWow.com dari bi.go.id, Rabu (3/10/2018), penghargaan yang diterima BI merupakan penghargaan tertinggi dunia dalam bidang ekonomi keuangan syariah.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dari dunia internasional terhadap pemikiran BI dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia dan Internasional.

Pemberian penghargaan kepada BI didasarkan pada beberapa kriteria.

Pertama, adanya dasar penelitian untuk mendorong keuangan dan perbankan syariah.

Rupiah Tembus Rp 15.000, Dahnil Anzar: Fundamental Ekonomi Kita Memang Lemah

Kedua, adanya kerja sama dengan lembaga lain untuk meningkatkan ekonomi dan keuangan syariah.

Ketiga, adanya dukungan dan penyelenggaraan seminar dalam ekonomi dan keuangan syariah.

Selain mendapat penghargaan bank sentral terbaik, delegasi Indonesia juga mendapat penghargaan dalam kategori Best Zakat Management (BAZNAS), Best Emerging Islamic Capital Market dan Best Supporting Institution of the Year (Indonesia Stock Exchange) dan Best Islamic Bank for SME Banking (Bank Tabungan Pensiunan Syariah).

Penghargaan yang diterima BI menunjukkan bahwa dunia internasional memandang Indonesia sebagai negara yang berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah dunia.

Fahri Hamzah Sebut Cara RS Hancurkan Reputasinya Sangat Konyol, Rustam Ibrahim Beri Tanggapan

Ajang penghargaan tersebut dihadiri oleh Presiden Bosnia dan Herzegovina, Bakir Izet Begovic.

Selain itu, turut hadir juga peserta lembaga internasional seperti United Nation Central Emergency Reponse Fund (UNCERF), IDB, Moody’s, Standard and Poor’s serta delegasi negara-negara lain.

Atas penghargaan yang telah diperoleh, BI selanjutnya berkomitmen untuk terus melakukan koordinasi dengan lembaga terkait dalam pengembangan ekonomi syariah.

BI akan berfokus pada pengembangan tiga pilar utama, yakni pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah, dan edukasi syariah.

Adanya terobosan ekonomi syariah ini diharapkan mampu menjadi arus gelombang baru ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dan memiliki daya tahan. (TribunWow.com/ Qurrota Ayun)

Ikuti kami di
Penulis: Qurrota Ayun
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved