Belum Satu Bulan Beroperasi, LRT Palembang Tiga Kali Mogok di Tengah Jalan

Belum satu bulan setelah resmi beroperasi, Light Rail Transit ( LRT) Palembang, Sumatera Selatan, alami mogok tiga kali ditengah jalan

Belum Satu Bulan Beroperasi, LRT Palembang Tiga Kali Mogok di Tengah Jalan
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Satu trainset LRT saat lintas di Jalan Jendral Sudirman Palembang, Minggu (12/8/2018) 

TRIBUNWOW.COM - Belum satu bulan setelah resmi beroperasi, moda transportasi Light Rail Transit ( LRT) Palembang, Sumatera Selatan, alami mogok tiga kali ditengah jalan.

Dari catatan Kompas.com, Senin, (13/8/2018), kejadian LRT Palembang mogok untuk pertama kalinya pada Rabu, (1/8/2018).

Hujan deras, membuat LRT mendadak terhenti sekitar 4 kilometer ketika menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, dilansir TribunWow.com dari Kompas.com, Senin (13/8/2018).

BMKG Catat Gempa Susulan 4.3 SR Kembali Guncang Lombok Pagi Ini

PT INKA selaku pembuat kereta telah angkat bicara terkait kejadian tersebut, menurut mereka, terhentinya laju kereta karena posisi pintu rangkaian kereta dalam posisi “Open", hingga menyebabkan sensor kereta menjadi mode “Standby".

“Kendala teknis yang terjadi di LRT Palembang lantaran sensor pintu di kereta terbaca dalam posisi "open". Akibatnya, sistem keamanan (failure safe) kereta menjadi bekerja. Sistem keamanan LRT dirancang sebagai pengamanan operasional. Karenanya ketika itu, kereta dalam keadaan mode “standby”.  Karena itu, kereta tidak bisa dijalankan selama masih ada indikator dari salah satu sensor keamanan menyala,” kata Manager Humas PT INKA Exiandri BP pada Kamis, (2/8/2018).

Persiapan Asian Games 2018, Sri Mulyani Tinjau Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Hanya berselang dua hari, lagi-lagi “si ular besi” kembali mogok pada Jumat (10/8/2018).

Para penumpang yang berada di stasiun Bumi Sriwijaya pun akhirnya terlantar selama 2 jam lantaran kereta tak bisa dioperasikan hingga perbaikan selesai dilakukan oleh PT LEN selaku penanggung jawab sinyal kereta.

Sinyal hingga permasalahan pintu kereta yang disebut dalam posisi “Open” pun telah terjawab.

Namun, dua hari kemudian pada Minggu (12/8/2018) PT KAI selaku penanggung jawab LRT Palembang kembali dibuat repot, karena kereta LRT mendadak terhenti ketika dioperasikan dari stasiun Jakabaring menuju Bandara.

Kejadian tersebut sempat viral di dunia maya, mulai dari Facebook hingga Instagram, yang menjadi sorotan para warganet adalah banyaknya penumpang yang terpaksa berjalan diatas rel kereta, saat evakuasi dilakukan.

Jokowi Sebut Jusuf Kalla Bersedia jadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi - Maruf Amin

Sebab, sepanjang rel LRT dialirkan listrik dalam tegangan tinggi hingga dapat membahayakan ketika dilewati manusia.

Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti pun angkat bicara atas foto yang beredar dimedsos.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Roifah Dzatu Azma
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help