Home »

News

»

Jakarta

Anies Masih Enggan Sebut Kriteria Wagub Pengganti Sandiaga

Anies enggan mengatakan kriteria wakil gubernur yang akan mendampinginya selama masa jabatan empat tahun kedepan.

Anies Masih Enggan Sebut Kriteria Wagub Pengganti Sandiaga
Tribunnews.com
Gubernur dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta 

TRIBUNWOW.COM - Majunya Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2019 menyebabkan kursi jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta kosong.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih belum memutuskan siapa sosok yang nantinya akan menduduki posisi wakil gubernur.

Dilansir Tribunwow.com dari Kontan.co.id, Anies enggan mengatakan kriteria wakil gubernur yang akan mendampinginya selama masa jabatan empat tahun kedepan.

Hal ini dikarenakan Anies belum menerima surat pemberhentian Sandiaga Uno dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau sudah masuk, sampai ke fase penentuan baru saya bisa utarakan. Semuanya hubungannya baik dan bisa kerjasama," ungkap Anies, Senin (13/8/2018).

Lakukan Tes Kesehatan, Prabowo Mengaku Takut Jarum Suntik

Anies memaparkan bahwa calon-calon pengganti Sandiaga adalah orang yang berpengalaman.

Ia mengungkapkan, sejauh ini sudah ada rapat internal di PKS untuk membahas posisi wakil gubernur DKI.

"Siapapun calonnya saya percaya kalau sudah di fase ini, mereka semua orang-orang berpengalaman. Mereka semua orang-orang yang biasa bekerjasama, biasa berkarya," ujar Anies.

Aturan mengenai pengisian kekosongan jabatan kepala daerah telah diatur dalam Undang-Undang No.12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Tertulis dalam Pasal 26 ayat 4 UU tersebut, untuk mengisi kekosongan jabatan wakil kepala daerah yang berasal dari partai politik (parpol) atau gabungan parpol dan masa jabatannya masih tersisa 18 bulan atau lebih, kepala daerah mengajukan dua orang calon wakil kepala daerah.

Nama yang diajukan itu berdasarkan usul parpol atau gabungan parpol yang pasangan calonnya terpilih dalam pemilihan kepala daerah periodenya. Nantinya, rapat paripurna DPRD yang akan memutuskan. (TribunWow.com/Qurrota Ayun)

Ikuti kami di
Penulis: Qurrota Ayun
Editor: Astini Mega Sari
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help