Defisit Transaksi Berjalan RI Alami Kenaikan, Rizal Ramli: Pak Jokowi ke Mana Tim Ekonominya?

Rizal Ramli memberikan tanggapan terkait defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) pada kuartal II 2018.

Defisit Transaksi Berjalan RI Alami Kenaikan, Rizal Ramli: Pak Jokowi ke Mana Tim Ekonominya?
TRIBUNNEWS
Rizal Ramli 

TRIBUNWOW.COM - Mantan Menteri Keuangan sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli memberikan tanggapan terkait defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) pada kuartal II 2018.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Bank Indonesia (BI) menyatakan defisit transaksi berjalan itu telah mengalami kenaikan pada periode kuartal II 2018.

Pada periode tersebut, tercatat defisit transaksi berjalan tercatat mencapai 3 persen dari total produk domestik bruto (PDB) atau sebesar 8 miliar dollar AS.

Terapkan 3 Olahraga Berikut jika Ingin Perutmu Rata

"Defisit transaksi pada kuartal sebelumnya sebesar 5,7 miliar dollar AS atau 2,2 persen dari PDB," kata Yati dalam jumpa pers di Gedung BI, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Namun demikian, Yati menegaskan bahwa defisit transaksi berjalan itu masih dalam batas aman hingga semester I 2018, lantaran berada di bawah tiga persen dari PDB

"Defisit transaksi berjalan masih 2,6 persen terhadap PBD sampai semester I 2018. Masih aman, yang jelas peningkatan defisit ini karena diikuti peningkatan kegiatan ekonomi," pungkas dia.

Sekjen Nasdem: Pemilihan Maruf Amin sebagai Cawapres Sudah Melalui Proses dan Mekanisme yang Ada

Terkait hal itu, Rizal Ramli memberikan tanggapannya melalui akun Twitter, @RamliRizal, yang ditulis pada Jumat (10/8/2018).

Rizal Ramli mempertanyakan ke mana tim ekonomi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Naiknya defisit transaksi berjalan itu, kata dia, menekan kurs Rupiah.

Tak hanya itu, dirinya menyindir rencana Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk melelang barang sitaan petugas Bea dan Cukai berupa minuman keras ilegal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Vintoko
Editor: Mohamad Yoenus
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved