Rizal Ramli Bagikan Data Penduduk Miskin: Gus Dur 9x Lebih Cepat Turunkan Kemiskinan daripada Jokowi

Mantan Menteri Keuangan, Rizal Ramli, menggunggah sebuah data laju kemiskinan dari tahun 1998-2018.

Rizal Ramli Bagikan Data Penduduk Miskin: Gus Dur 9x Lebih Cepat Turunkan Kemiskinan daripada Jokowi
TRIBUNNEWS
Rizal Ramli 

TRIBUNWOW.COM - Mantan Menteri Keuangan sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, menggunggah sebuah data laju kemiskinan dari tahun 1998 hingga Maret 2018.

Dilansir TribunWow.com, hal tersebut tampak dari laman Instagram@rizalramli, yang diunggah, pada Senin (6/8/2018).

Rizal Ramli mengatakan apabila pemerintahan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meski hanya 21 bulan telah berhasil menurunkan kemiskinan sebesar 5,05 persen.

Prestasi tersebut merupakan prestasi tertinggi jika dibandingkan dengan era Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi).

"Pemerintahan Gus Dur, meski hanya 21 bulan, berhasil ciptakan laju penurunan kemiskinan sebesar 5,05 persen (tertinggi sejak 1998 hingga Maret 2018)," tulis Rizal Ramli.

Jubir PSI: SBY Wariskan Inflasi yang Sangat Tinggi kepada Pak Jokowi Sebesar 8,3 Persen

Dari data yang ia unggah, tampak pada era Gus Dur laju penduduk miskin turun hingga 10,1 juta jiwa dalam dua tahun, atau 5,05 juta jiwa per tahun (2,5 persen per tahun).

Sedangkan pada era Megawati, laju penduduk miskin turun 1,74 persen menjadi 0,57 juta jiwa (0,58 persen) setiap tahunnya.

Penurunan juga terjadi pada era SBY dengan 0,85 juta jiwa setiap tahun, di mana SBY berhasil menurunkan 8,5 juta jiwa dalam 10 tahun pemerintahannya (0,56 persen/tahun).

Sementara itu, pada era Jokowi laju penduduk miskin turun 1,7 juta jiwa selama 4 tahun (1,14 persen) atau 0,43 juta jiwa per tahunnya (0,28 persen/tahun).

Dari data tersebut, tertulis kesimpulan yang menyebutkan model ekonomi yang diterapkan oleh Gus Dur hampir lebih cepat 5 kali dari era Megawati dan SBY, dan lebih cepat 9 kali dari era Jokowi dalam menurunkan laju kemiskinan.

Budiman Sudjatmiko: Kalau Saya Dianggap Enggak Tahu Diri Debat dengan AHY, Tsamara Amany juga Bagus

Postingan Rizal Ramli
Postingan Rizal Ramli (Capture/Instagram)
Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Lailatun Niqmah
Editor: Claudia Noventa
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help