Ingin Operasi Plastik agar Terlihat seperti Filter Snapchat? Berarti Anda Mengalami Gangguan Mental

Aplikasi filter kamera yang ada pada sosial media seperti Snapchat, memberikan standar kecantikan baru bagi masyarakat saat ini.

Ingin Operasi Plastik agar Terlihat seperti Filter Snapchat? Berarti Anda Mengalami Gangguan Mental
Tribunnews.com
Ilustrasi filter Snapchat 

TRIBUNWOW.COM – Tren operasi plastik saat ini sudah mulai berubah, jika orang jaman dulu lakukan operasi plastik dengan mencari inspirasi dari selebriti, kini orang meminta dokter bedah untuk mengubah wajah agar terlihat seperti rupa di filter Snapchat.

Dilansir TribunWow.com dari Time.com, dokter khawatir karena banyak pasien melakukan bedah plastik berdasarkan apa yang mereka lihat dari aplikasi snapchat, atau yang sering disebut sebagai “Snapchat dysmorphia.”

Istilah “dysmorphia Snapchat” berasal dari body dysmorphic disorder (BDD) yaitu jenis penyakit mental kronis dimana penderita tidak bisa berhenti memikirkan penampilannya dari adanya kekurangan sekecil apapun meskipun kekurangan tersebut tidak diketahui oleh orang lain.

Tanggapi Arahan Jokowi pada Relawan, Fadli Zon: Jelas Provokasi dan Tak Pantas Diucapkan

Meski dysmorphia Snapchat bukanlah kondisi klinis yang bisa didiagnosis, tapi pasien yang menginginkan perubahan wajah yang tidak realistis dan terinspirasi dari filter kamera dapat menjadi salah satu tanda bahwa ia mengidap BDD.

Sekitar 55 persen ahli bedah plastik wajah melaporkan bahwa mereka mendapatkan pasien yang ingin melakukan operasi plastik agar terlihat lebih menawan saat melakukan selfie.

Dysmorphia Snapchat mungkin adalah sebuah fenomena yang relatif baru, namun penelitian lain juga menunjukkan bahwa selfie dengan filter kamera bisa mengubah cara orang memandang diri mereka.

Protes Aturan Ganjil-Genap, Hotman Paris Hutapea Kirim Pesan ke Anies Baswedan-Sandiaga Uno

Menurut American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgery, aplikasi filter kamera yang ada pada sosial media seperti Snapchat, memberikan standar kecantikan baru bagi masyarakat saat ini.

Dapat dikatakan bahwa aplikasi filter kamera ini membuat masyarakat tidak mau melihat kenyataan dan berharap bahwa tampilan mereka didunia nyata secantik pada filter Snapchat. (TribunWow.com/Qurrota Ayun)

Ikuti kami di
Penulis: Qurrota Ayun
Editor: Fachri Sakti Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved