Korea Utara Langgar Perjanjian Denuklirisasi

Pyongyang, Korea Utara, kini tengah mendapat perhatian dari Amerika dan berbagai saksi Internasional.

Korea Utara Langgar Perjanjian Denuklirisasi
AFP/Saul Loeb/Kompas.com
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump saling berjabat tangan untuk pertama kalinya di Hotel Capella, Singapura, Selasa (12/6/2018). 

TRIBUNWOW.COM - Belum menghentikan program nuklir dan misil, Korea Utara (Korut) telah melanggar kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS) pada pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump pada bulan Juni 2018 silam di Singapura.

Sebelumnya, pada pertemuan Trump dan Kim Jong Un di Singapura, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, meyakini bahwa denuklirisasi Korut akan terwujud.

Dalam pertemuan itu, Korea Utara meyakinkan tak lagi akan melanjutkan program nuklir dan uji coba rudal.

Luncurkan All New Honda Brio, seperti Apa Desain Barunya?

Dilansir TribunWow.com dari BBC News, Sabtu (4/8/2018) pada pekan lalu, pemerintah Amerika Serikat mengatakan bahwa Pyongyang tampaknya mencoba membuat rudal balistik baru.

Laporan itu mengatakan, Korut belum menghentikan program nuklir dan misilnya.

Korut juga menentang resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan melakukan peningkatan besar-besaran terhadap pemindahan produk minyak dari kapal ke kapal secara ilegal, begitu pula dengan pemindahan batu bara di laut selama 2018.

Din Syamsuddin Sebut Perbedaan Pendapat di Kalangan Ulama soal Capres adalah Hal yang Wajar

Dikatakan bahwa Pyongyang juga berusaha memasok senjata kecil dan peralatan militer lainnya melalui perantara asing ke Libya, Yaman dan Sudan.

Pempeo, Menteri Luar Negri AS juga mengaku telah melihat laporan bahwa Rusia mengizinkan warga Korea Utara untuk melakukan pekerjaan di wilayahnya dan tidak mempedulikan larangan PBB.

Pempeo berharap Rusia serta semua negara dapat mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB dan menguatkan sanksi terhadap Korea Utara. (TribunWow.com/ Roifah Dzatu Azmah)

Ikuti kami di
Penulis: Roifah Dzatu Azma
Editor: Fachri Sakti Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved