Pilpres 2019

Jika Anies Baswedan Diusung Jadi Capres, 'Punya Peluang Sekaligus Tantangan'

Nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terus menguat sejak masuk dalam bursa calon presiden 2019 mendatang.

Jika Anies Baswedan Diusung Jadi Capres, 'Punya Peluang Sekaligus Tantangan'
Tribun jabar
Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan saat jumpa pers pada acara silaturahmi di Kantor DPW PKS Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (1/3/2017). 

TRIBUNWOW.COM - Nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terus menguat sejak masuk dalam bursa calon presiden 2019 mendatang.

Sejumlah kalangan menilai, jika Anies Baswedan berpotensi sebagai capres untuk diusung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Terkait hal itu, pengamat politik, Rico Marbun mengatakan jika Anies Baswedan punya peluang yang sama seperti tokoh lain yang masuk dalam bursa calon presiden.

Dilansir TribunWow.com, hal itu ia sampaikan dalam program "Apa Kabar Indonesia Pagi" yang diunggah di akun YouTube, Talkshow tvOne, Minggu (8/7/2018).

Ditanya Yunarto Wijaya soal Perannya di Era 1998, Fadli Zon: Saya Sudah Anggota MPR RI

Rico menjelaskan bahwa Anies Baswedan memiliki peluang sekaligus tantangan yang harus dihadapi saat maju sebagai capres.

"Pertama adalah rekam jejak elektabilitas, waktu Pilgub DKI Jakarta dua tahun lalu, Anies termasuk tokoh yang tidak diunggulkan. Elektabilitasnya sebelum pendaftaran dibawah 5 persen, namun seiring berjalannya waktu bisa merangkak naik dan menang," kata Rico.

Ditambahkannya, faktor ekstrinsik atau faktor dari luar kandidat menjadi salah satu peluang yang dimiliki Anies Baswedan untuk menjadi capres.

"Data yang kami lakukan, jumlah yang ingin mengganti petahana, dalam hal ini Presiden Jokowi lebih besar daripada yang ingin mempertahankannya. Ini yang membuat anies baswedan menjadi salah satu figur yang memiliki peluang," jelas Rico.

Ferdinand Hutahaean: Demokrat akan Beri Sanksi ke TGB

Kendati memiliki peluang sebagai capres, lanjutnya, Anies juga memiliki tantangan dan hambatan.

"Ini sifatnya intrinsik, di dalam kandidat itu sendiri. Anies Baswedan disini ingin mengikuti jejak Jokowi. Tapi elektabilitas Anies sebagai capres ataupun wapres berada di bawah posisinya Pak Jokowi dulu," terang dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Rekarinta Vintoko
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved