Ramadan dan Idul Fitri 2018

Mudik 2018, Presiden Jokowi Tulis Catatan Jalan Tol di Pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuliskan sejumnalh tol yang dimiliki Indonesia di Pulau Jawa dan Sumatera.

Mudik 2018, Presiden Jokowi Tulis Catatan Jalan Tol di Pulau Jawa, Sulawesi dan Sumatera
Capture
Presiden Jokowi 

TRIBUNWOW.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuliskan sejumnalh tol yang dimiliki Indonesia di Pulau Jawa dan Sumatera.

Dilansir TribunWow.com, melaluia kun sosial media Facebook Presiden Joko Widodo yang ditulis pada Selasa (12/6/2018).

Presiden Jokowi mulai membahas tol di pulau jawa, Sulawesi, dan Sumatera.

"Inilah penampakan terbaru Simpang Susun Kartosuro di Kabupaten Boyolali dari udara. Anda yang sedang mudik melalui darat di jalur ini dan melewati Simpang Susun Kartosuro akan menikmati pemandangan menarik di kiri-kanan jalan berupa persawahan yang membentang luas, padang rumput, pepohonan dan rumah-rumah penduduk di kejauhan.

Andi Arief Bandingkan AHY dengan Anak Penjual Martabak, Dede Budhyarto: Dia Merengek Minta Jabatan

Simpang susun ini berada di Jalan Tol Trans Jawa dari arah kota Salatiga. Jalur ke arah kiri adalah lanjutan jalan tol menuju kota Solo, Sragen, Ngawi dan tersambung masuk ruas tol Jawa Timur. Sedangkan jalur ke arah kanan adalah jalur keluar jalan tol masuk ruas Jalan Raya Kartosuro dan selanjutnya ke arah kota Klaten dan Yogyakarta.

Tol di Boyolali
Tol di Boyolali ()

Dari Pulau Jawa, mari menengok jalur mudik di Sulawesi. Ini foto jalan layang yang berkelok di daerah Camba, di ruas jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Maros dan Bone.

Para pemudik dari Kota Makassar dan sekitarnya melewati jalan ini menuju Kabupaten Bone , Sinjai, Soppeng, dan Wajo di Provinsi Sulawesi Selatan. Jalan layang Camba sesungguhnya belum selesai benar, baru mendekati 90 persen. Tapi pemerintah membuka jalur ini tujuh hari sebelum Lebaran sampai 10 hari setelahnya.

Titiek Soeharto Tinggalkan Partai Golkar, Ferdinand Hutahaean: Selamat Bergabung dengan yang Sejalan

Jalan layang Camba dibangun sejak bulan Desember 2015. Semula, jalur ini sempit dan banyak tikungan tajam. Lalu dibangunlah jembatan sepanjang 314 meter dengan lebar 11 meter, pembangunan oprit dan jalan pendekat sepanjang 413 meter, dan pelebaran jalan sepanjang dua kilometer. Pembangunannya dilakukan oleh kontraktor PT. Wijaya Karya bekerja sama operasi dengan PT. Hutama Karya.

Jalan layang Camba sangat penting sebagai jalur logistik utama ke kawasan tengah Sulawesi Selatan selain sebagai akses ke daerah wisata Taman Nasional Bantimurung.

Sindir Anak Soeharto, Goenawan Mohammad: Kaya karena Kekuasaan Monopoli Bisnis, Bukan Kerja Keras

Tol di Sulawesi
Tol di Sulawesi ()

Sekarang kita ke Sumatra. Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dari Simpang Susun Tanjung Morawa sampai Simpang Susun Parbarakan telah dibuka sebagai jalur fungsional untuk arus mudik Lebaran sejak Senin kemarin. Meski fungsional, kondisi jalan sepanjang 10,75 kilometer ini seperti tol operasional, karena ruas ini sudah selesai dan siap untuk diresmikan.

Jalan Tol MKTT menghubungkan Jalan Tol Eksisting Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dengan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi II-VI (Kualanamu-Sei Rampah) yang telah beroperasi sejak 13 Oktober 2017.

Jawab Sindiran AHY, Puan Maharani Dapat Pujian dari Politisi Demokrat

Dibukanya ruas Simpang Susun Tanjung Morawa sampai Simpang Susun Parbarakan ini akan memperlancar arus mudik di Sumatra sekaligus bagian dari sosialisasi tol tersebut. Tol MKTT menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi nasional di Sumatra Utara, seperti kawasan industri Medan, Bandara Kualanamu, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke, serta akses menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

Tol di Sumatera
Tol di Sumatera ()

Lantas, postingan Presiden Jokowi itu mendapat ribuan like dan komentar dari netizen. (TribunWow.com/Woro Seto)

Gus Yahya ke Israel Demi Palestina, Hidayat Nur Wahid Beberkan Kondisi Sebenarnya

Ikuti kami di
Penulis: Woro Seto
Editor: Woro Seto
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help