Ramadan dan Idul Fitri 2018

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Benar

Beberapa hari lagi, umat muslim akan menyambut hari raya Idul Fitri. lantas ucapan apa yang harus kita ucapkan?

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Benar
ISTIMEWA
Ilustrasi Ramadan 

TRIBUNWOW.COM - Beberapa hari lagi, umat muslim akan menyambut hari raya Idul Fitri.

Setelah kurang lebih satu bulan berpuasa ramadan, umat muslim merayakan idul fitri tepat di tanggal 1 syawal.

Adakah yang mesti kita ucapkan ketika bertemu saudara kita di hari raya Idul Fitri? Adakah ucapan khusus yang diajarkan?

Simak penjelasan berikut:

Sindir Anies Baswedan, Denny Siregar: Kocak, Terlanjur Dipuja, Eh Duluan Ahok

Perlu diketahui bahwa telah terdapat berbagai riwayat dari beberapa sahabat radhiyallahu ‘anhum bahwa mereka biasa mengucapkan selamat di hari raya di antara mereka dengan ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

Imam Ahmad rahimahullah berkata,

“Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ‘ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka”.

Isu Ahok Selingkuh dengan Grace Natalie, Sang Adik: Aku Beberkan Semua di Sini Biar Jelas

Salah seorang ulama, Harb mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya ‘ied (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.” Kisah tadi diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah.

Selamat Hari Raya

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah ditanya, “Apa hukum mengucapkan selamat hari raya? Lalu adakah ucapan tertentu kala itu?”

Beliau rahimahullah menjawab, “Ucapan selamat ketika hari raya ‘ied dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung kesalahan.

Sudjiwo Tedjo Bongkar Kepribadian Yudi Latif saat Masih Jadi Mahasiswa

Dari penjelasan di atas, berarti ucapan selamat hari raya itu bebas, bisa dengan ucapan “Selamat Hari Raya”, “Taqobbalallahu minna wa minkum” dan lainnya. Ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” pun tidak dikhususkan saat Idul Fithri, ketika Idul Adha dianjurkan ucapan semacam ini sebagaimana kita dapat melihat dalam penjelasan berbagai riwayat di atas. (*)

Alissa Wahid Membantah Keras Sebuah Catatan yang Membahas Gus Dur

Ikuti kami di
Penulis: Woro Seto
Editor: Woro Seto
Sumber:
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help