Waspadai Kabar Tak Jelas Tentang Erupsi Gunung Merapi, Warga Bisa Klarifikasi ke Sumber Berikut

Waspadai isu tak jelas tentang erupsi Gunung Merapi, warga diarahkan untuk tanyakan kebenaran berita tentang Merapi ke sumber berikut ini.

Waspadai Kabar Tak Jelas Tentang Erupsi Gunung Merapi, Warga Bisa Klarifikasi ke Sumber Berikut
Twitter
Gunung Merapi melalui CCTV, Senin (21/5/2018). 

TRIBUNWOW.COM - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Yogyakarta, Hanik Humaida berikan sebuah himabauan.

Melalui surat yang diterima oleh TribunWow.com, Senin (21/5/2018), Hanik menghimbau agar warga tak menelan mentah-mentah informasi yang mereka dapat.

Apalagi mengenai kabar tentang Gunung Merapi yang statusnya naik menjadi waspada.

Setelah Peningkatan Status Waspada, Erupsi Susulan Terjadi di Gunung Merapi

Hanik menghimbau agar warganya tetap hadti-hati dalam menelaah berita yang mereka dapat.

Dalam himabauannya tersebut, Hanik juga sudah mengarahkan warga untuk meminta informasi yang tepat kepada pihak yang berkompeten.

Selain menunggu arahan pemerintah, warga juga bisa datang ke Pos Pengamatan Gunung Merapi untuk mendapatkan informasi yang benar.

Jika tidak, maka warga bisa menghubunginya lewat radio komunikasi.

Gunung Merapi Naik Status Waspada, BPPTKG Berikan 5 Himbauan

"Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi G. Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan G. Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz atau ke kantor BPPTKG, Jalan Cendana No. 15 Yogyakarta, telepon (0274) 514180-514192.
6. Pemerintah daerah direkomendasikan untuk mensosialisasikan kondisi G. Merapi saat ini kepada masyarakat," himbau Hanik dalam suratnya.

Selain memberikan himbauan tersebut, Hanik juga memberikan empat himbauan lain, di anataranya.

1. Kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Bima Sandria Argasona
Editor: Bima Sandria Argasona
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help