Ramadan & Idul Fitri 2018

Melihat Tradisi Bermaafan Menjelang Puasa Ramadan Melalui Sosial Media

Hukum meminta maaf sebelum berpuasa merupakan tradisi yang banyak dilakukan oleh masyrakat Indonesia, lalu bagaimana jika dilakukan melalui sosmed

Melihat Tradisi Bermaafan Menjelang Puasa Ramadan Melalui Sosial Media
the swadlle
Ilustrasi minta maaf 

TRIBUNWOW.COM - Hukum meminta maaf sebelum berpuasa merupakan tradisi yang banyak dilakukan oleh masyrakat Indonesia.

Dilansir Tribunnews, pemerintah telah menetapkan puasa awal ramadan jatuh pada Kamis (17/5/2018).

Dijelaskan oleh Ustaz Ahmad Sarwat LC MA, Sepanjang apa yang kami ketahui, sampai saat ini -wallahu a'lam- kami masih belum menemukan nash hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan atau mencontohkan kita untuk saling bermaafan, khususnya pada saat menjelang masuknya bulan Ramadan.

Jelang H-1 Ramadan, Harga Ayam dan Telur di Beberapa Derah Melonjak Tajam

"Adapun bermaaf-maafan secara umum, tidak terkait dengan masuknya bulan Ramadan, sudah tidak perlu dipermasalahkan lagi karena memang banyak dalil untuk meminta maaf dan memberi maaf," imbuh Ahmad.

Ustas Ahmad
Ustas Ahmad (Youtube)

Dilansir Kompas.com, saat ini tradisi bermaafan banyak dilakukan melalui sosial media terkait keterbatasan jarak dan waktu.

Psikolog Rosdiana Setyaningrum mengatakan, perubahan tradisi mengirimi ucapan secara virtual itu ibarat dua sisi mata uang.

“Kalau ada teman-teman tidak terjangkau, nah kita bisa kirimkan itu,” kata Rosdiana saat acara temu media yang diadakan Yogrt di kawasan SCBD, Jakarta, kepada Kompas.

Kumpulan Ucapan Selamat Puasa Ramadan Bahasa Inggris Lengkap dengan Artinya, Bisa Kamu Share ke WA

Di sisi lain, makna silaturahmi bisa hilang bila ucapan itu dikirim dengan asal, tanpa mempertimbangkan kedekatan.

“Kalau sama orang yang dekat atau pernah ada salah, enggak ada masalah kontak langsung dan kalau bisa langsung didatangi,” kata lulusan magister psikologi dari Universitas Indonesia ini.

Simbol Facebook Like dan WhatsApp
Simbol Facebook Like dan WhatsApp (Kolase/TribunWow.com)

Secara umum saling bermaafan itu dilakukan kapan saja, tidak harus menunggu bulan Ramadan. Karena memang tidak ada hadits atau atsar yang menunjukkan ke arah sana.

Namun kalau kita mau telusuri lebih jauh, mengapa sampai muncul trend demikian, salah satu analisanya adalah bahwa bulan Ramadhan itu adalah bulan pencucian dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW tentang hal itu.

Tradisi bermaafan sebelum menjelang puasa ini bisa menjadi kebiasaan yang baik bagi warga Indonesia.

Tapi jika dirasa memiliki jarak tempuh yang dekat baiknya tradisi tersebut langsung disampaikan agar tidak mengurangi niat meminta maaf itu sendiri. (Tribunwow/Tiffany Marantika)

Ikuti kami di
Penulis: Tiffany Marantika Dewi
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help