Bom di Surabaya

Libatkan Anak dalam Aksi Teroris, Ledakan Bom di Surabaya Mendapat Perhatian Dunia

Rangkaian aksi ledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo telah memunculkan peran anak-anak yang terlibat dalam aksi terorisme

Libatkan Anak dalam Aksi Teroris, Ledakan Bom di Surabaya Mendapat Perhatian Dunia
ist/sumber kepolisian
Foto keluarga terduga pelaku serangan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya 

TRIBUNWOW.COM - Rangkaian aksi ledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo telah memunculkan peran anak-anak yang terlibat dalam aksi terorisme.

Dilansir Tribunwow dan abcnews.com, aksi teror yang melibatkan anak-anak ini merupakan tren baru dalam suatu kelompok jaringan teroris.

Absnews mengatakan para analis memperingatkan jika akan lebih banyak orangtua yang rela mengorbankan anak mereka sendiri dalam aksi ledakan bom.

"Anak-anak digunakan dalam aksi terorisme karena anak-anak jarang diperiksa oleh petugas," tulis abcnews, pada Rabu (16/5/2018).

Hal itu membuat orangtua merasa tertarik untuk melibatkan anak meraka.

CCTV GKI Surabaya
CCTV GKI Surabaya (Youtube)

Profesor politik Universitas Deakin, Damian Kingsburg, mengatakan sangat umum bagi kelompok-kelompok radikal yang bersedia mengorbankan diri mereka sendiri.

Tapi biasanya mereka tidak mau mengorbankan keluarganya sendiri.

Tapi dalam kasus teror bom Surabaya dan Sidoarjo ini Damian berpendapat bahwa mereka memiliki tingkat kefanatikan tertentu.

BREAKING NEWS - Mapolda Riau Diserang Terduga Teroris

"Setidaknya pihak orangtua memiliki keyakinan sangat kuat bahwa mereka akan pergi ke surga dan ingin membawa serta anak-anak mereka," kata Damian.

Tambahan lain juga dikemukakan oleh Prof Gunaratna, profesor yang menangani kekerasan dan tindak terorisme ini mengatakan ideologi orangtua tentang radikalisme, memasuki pikiran anak-anak.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Tiffany Marantika Dewi
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help