KPAI Minta Kemenristekdikti untuk Tidak Menjadikan Nilai UN sebagai Syarat masuk Perguruan Tinggi

"Kami menuliskan dalam surat untuk (nilai UN) tidak menjadi penentu kelulusan atau pertimbangan masuk atau diterima di Perguruan Tinggi Negeri."

KPAI Minta Kemenristekdikti untuk Tidak Menjadikan Nilai UN sebagai Syarat masuk Perguruan Tinggi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah siswa SMAN 3 mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sesi II di SMAN 3, Setiabudi, Jakarta, Senin (10/4/2017). Berdasarkan data Kemdikbud, jumlah pelajar SMA seluruh Indonesia yang mengikuti UNBK sebanyak 873.043 orang dari 5.900 sekolah selama 10-13 April 2017. 

TRIBUNWOW.COM - Anak Indonesia (KPAI)'>Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan mengirimkan surat kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemendikti RI) terkait nilai UN yang dijadikan penentu masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Kami menuliskan dalam surat untuk (nilai UN) tidak menjadi penentu kelulusan atau pertimbangan masuk atau diterima di Perguruan Tinggi Negeri," ujar  Komisioner KPAI Retno Listyarti di gedung KPAI Menteng,  Jakarta, Selasa (17/4/2018).

KPAI  menjelaskan hal tersebut terkait soal Matematika UNBK SMA yang dinilai sulit untuk siswa.

Sutopo Protes Mengenai Penyelenggaraan UNBK, Para Siswa Mengeluh di Akun Kemendikbud

Retno mengatakan sederhananya bila banyak siswa menjawab dengan benar berarti soal itu mudah, dan bila yang terjadi sebaliknya berarti soal itu Sulit.

"Sementara hasil UN BK matematika SMA belum diketahui hasilnya saat itu,” tambah Retno.

Soal UNBK Sulit, Curhatan Para Murid SMA Di Instagram Kemdikbud Bikin Ngakak!

Ada beberapa hal yang dikeluhkan oleh siswa diantaranya soal UNBK yang sangat sulit, tidak cukup waktu mengerjakannya karena langkahnya yang banyak dan rumit, soal tidak sesuai dengan kisi-kisi, dan siswa menyatakan hanya menyakini jawaban benar sekitar 5 sampai 10 dari 40 soal yang diuji.

"Siswa juga mengaku tidak pernah membayangkan soal matematika UNBK sesulit itu, padahal selama ini mereka sudah belajar keras untuk berlatih menyelesaikan soal-soal matematika dari berbagai sumber," katanya.

Retno mengatakan para siswa mengaku tidak pernah mendapatkan soal jenis itu dalam proses pembelajaran dan penilaian selama 3 tahun di SMA. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: KPAI Minta Nilai UN Tidak Dipakai sebagai Penentu Masuk PTN

Ikuti kami di
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help