Rupiah Bisa Melemah Capai 15 Ribu, Rizal Ramli: Ngomong Jago tapi Ngitungnya Payah, Ngeband Aja Sana

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Rizal Ramli menuliskan sindiran soal melemahnya rupaih.

Rupiah Bisa Melemah Capai 15 Ribu, Rizal Ramli: Ngomong Jago tapi Ngitungnya Payah, Ngeband Aja Sana
tribunnews
Rizal Ramli 

TRIBUNWOW.COM - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Rizal Ramli menuliskan sindiran soal melemahnya rupiah. 

Dilansir TribunWow.com, melalui akun Twiiter pribadinya, @RamliRizal, sindiran itu ia tuliskan, Selasa (13/3/2018)

Diketahui, Lembaga pemeringkat internasional S&P Global Ratings memperkirakan pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan mencapai level Rp 15.000 per dolar, seperti yang sempat terjadi di tahun 2015.

Mengutip Kontan.co.id, Selasa (13/3/2018), Senior Director Corporate Ratings S&P, Xavier Jean mengatakan, rupiah perlu diawasi jika mencapai level ini. Dia menambahkan, depresiasi bisa berlangsung cepat.

POPULER: Wiranto Minta KPK Tunda Pengumuman Tersangka Calon Kepala Daerah, Begini Reaksi Mahfud MD

Dia mencontohkan pelemahan nilai tukar rupiah pada tahun 2015. Saat itu, rupiah melemah dari Rp 12.000 ke Rp 15.000 hanya dalam hitungan beberapa bulan.

"Kami melihat, level ini akan menimbulkan tekanan finansial bagi banyak perusahaan," kata dia pada saat konferensi pers, Selasa (13/3/2018).

Jean menambahkan, level Rp 15.000 per dollar AS menjadi level psikologis bagi korporasi. Karena korporasi tidak bisa melanjutkan operasional dengan nilai tukar tinggi. Mereka pun akhirnya perlu proaktif dan merestrukturisasi utang dengan kreditur. Tapi, S&P belum melihat level tersebut saat ini.

"Masalah lebih besar terkait depresiasi adalah kecepatannya. "Kepercayaan investor akan terpengaruh jika depresiasi terjadi terlalu cepat," kata Jean.

Akan ada perbedaan antara pelemahan ke Rp 15.000 per dollar dalam hitungan bulan atau hitungan tahun. "Jadi, level Rp 15.000 adalah level yang perlu diwaspadai, dan laju pelemahan ke Rp 15.000 itulah turbulensi sebenarnya," imbuh Jean.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Woro Seto
Editor: Woro Seto
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help