Wafat, Pangeran Denmark Enggan Dikuburkan Di Sebelah Istri

Suami Ratu Denmark Margrethe II, Pangeran Henrik, wafat pada usia 83 tahun. Kerajaan telah mengonfirmasi meninggalnya Pangeran Henrik

Wafat, Pangeran Denmark Enggan Dikuburkan Di Sebelah Istri
Grafis Tribunwow/Kurnia Aji Setyawan
Pangeran Henrik Meninggal 

TRIBUNWOW.COM - Suami Ratu Denmark Margrethe II, Pangeran Henrik, wafat pada usia 83 tahun. Kerajaan telah mengonfirmasi meninggalnya Pangeran Henrik pada Rabu (14/2/2018) atau bertepatan dengan hari Valentine.

Dikutip dari kompas.com "Yang Mulia Pangeran Henrik wafat pada Selasa, 13 Februari 2018, pukul 23.18 di Istana Fredensborg," begitu pernyataan dari kerajaan Denmark.

Kediaman kerajaan tersebut terletak sekitar 40 km dari Copenhagen. Pangeran Henrik wafat dengan dikelilingi istrinya dan dua putra mereka.

Kerajaan juga mengumumkan bahwa pangeran Henrik telah dirawat di rumah sakit sejak Januari 2018 karena infeksi paru-paru, dan telah kembali ke rumah untuk menghabiskan saat-saat terakhirnya.

Dia didiagnosis menderita demensia pada September 2017. Pangeran Henrik juga telah pensiun dari tugas kerajaan pada 2016.

Tahun berikutnya, dia mengungkapkan keinginannnya untuk tidak dikubur di samping istrinya, karena dia tidak pernah dianggap setara dengan ratu.

Di kerajaan biasanya pria yang menikah dengan ratu berarti menjadi suami ratu, bukan menjadi seorang raja. Namun, Henrik berpikir hal tersebut tidak adil dan menyebutnya sebagai diskriminasi gender.

"Istri saya menjadi ratu dan saya senang dengan keputusan itu. Tapi sebagai seorang manusia, dia harus tahu bahwa jika pria dan wanita menikah, mereka setara," katanya semasa hidup.

Pasangan kerajaan secara tradisional dimakamkan bersama di Katedral Roskilde, sebelah barat Kopenhagen.

Pernyataan dari istana tidak menyebutkan di mana sang pangeran akan dimakamkan.

Berita ini telah tayang di kompas.com berjudul: Sempat Dirawat di Rumah Sakit, Suami Ratu Denmark Wafat

Ikuti kami di
Editor: Kurnia Aji Setyawan
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help