G-Dragon Sengaja Menghindari Wajib Militer? Inilah Kontroversinya

Frontman boyband Korea Selatan Big Bang ini dikabarkan sedang berusaha menghindari wajib militer yang rencananya akan dilaksanakan tahun 2018 ini.

G-Dragon Sengaja Menghindari Wajib Militer? Inilah Kontroversinya
Koreaboo
G-Dragon 

TRIBUNWOW.COM - Korea Selatan memang satu di antara negara-negara yang mewajibkan pendidikan militer bagi pria berumur 18 sampai 30 tahun.

Ini dikarenakan negara tersebut masih dalam situasi perang dingin dengan negara tetangganya sendiri, Korea Utara.

Dilansir id.wikipedia.org, ada beberapa golongan yang tidak diwajibkan mengikuti wajib militer di Korea Selatan, yaitu orang cacat, ilmuwan, pelaku tindak kriminal, orang yang pernah mengalami cidera fisik, dan pencari nafkah utama.

Rentang waktu wajib militer di Korea Selatan adalah 2 - 2,5 tahun, tergantung di mana mereka ditempatkan.

Selama periode tersebut, para peserta wajib militer sebisa mungkin menghindari dunia luar dan hanya fokus pada pendidikan militernya.

Hal inilah yang sering menjadi alasan mengapa para artis K-Pop sering menghindari wajib militer, meskipun mereka juga mendapatkan gaji dari pemerintah Korea Selatan.

Begitu pula yang terjadi dengan visual Big Bang yaitu G-Dragon.

Dilansir allkpop.com, ia dikabarkan menghindari wajib militer yang seharusnya dilaksanakan tahun ini.

Sebuah media Korea Selatan melaporkan bahwa G-Dragon baru saja lulus dan mendapatkan gelar magister dari Universitas Sejong kemudian mengajukan gelar doktor sebagai taktik untuk menghindari wajib militer.

Meskipun hal ini tidak ilegal, namun cara seperti ini sangat tidak disukai masyarakat Korea Selatan.

Kantor Administrasi Tenaga Kerja Militer Korea Selatan menolak menjelaskan lebih lanjut situasi G-Dragon namun mereka menyatakan akan tetap memantau pendaftaran wajib militer khususnya bagi para selebritis.

Jika seseorang secara sengaja menghindari wajib militer, mereka akan mendapatkan hukuman penjara kurang lebih tiga tahun lamanya.

Pada Selasa (6/2/2018) YG Entertaiment selaku manajemen dari G-Dragon menyatakan bahwa G-Dragon dan Taeyang sedang menunggu pengumuman wajib militer mereka dari pihak berwenang.

Sebelumnya, G-Dragon dan Taeyang dikabarkan akan mengikuti wajib militer pada tahun 2018 menyusul satu di antara personil Big Bang lainnya, yaitu T.O.P yang sudah mengikuti wajib militer pada tahun 2017 dan bekerja di biro pelayanan masyarakat. (TribunWow.com/Maria Novena Cahyaning Tyas)

Ikuti kami di
Penulis: Maria Novena Cahyaning Tyas
Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Sumber:
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help