3 Huruf di Surat Rujukan Ini Membuat Biaya Pengobatan dan Perawatan Kesehatan tak Ditanggung BPJS

Seorang ibu harus menanggung kecewa karena kartu BPJS dan surat rujukan menjadi tak berguna saat dia berobat.

3 Huruf di Surat Rujukan Ini Membuat Biaya Pengobatan dan Perawatan Kesehatan tak Ditanggung BPJS
Capture
Surat pemerksiaan kesehatan. 

TRIBUNWOW.COM - Seorang ibu harus menanggung kecewa karena kartu BPJS dan surat rujukan menjadi tak berguna saat dia berobat.

Ia tetap harus membayar sejumlah ratusan ribu untuk melakukan pemeriksaan darah, cek kolesterol, rontgen, dan periksa jantung di sebuah klinik lengkap, yang masuk dalam kategori Faskes 2. 

"Saya juga tidak mengerti, dok. Kata petugas pendaftaran di depan saya harus bayar biasa, karena rujukan saya ada masalah.

Coba dokter buat pemeriksaan yang lengkap dahululah, nanti saya urus rujukannya belakangan," katanya ibu itu kesal, seperti dilansir Nakita.com dikutip dari laman Kompasiana, Kamis (12/7/2017).

Usai pemeriksaan laboratorium, si ibu tetap harus membayar, surat rujukan pun urung dibuat karena Puskesmas keburu tutup. 

Ternyata, selidik punya selidik, ibu ini harus membayar sampai ratusan ribu karena ada tulisan 3 kata di surat rujukannya. 

"Didiagnosis yang tertera pada surat rujukan ada tambahan 'APS'. Artinya si pasien dianggap bisa diobati di Puskesmas, namun dia meminta sendiri ke rumah sakit, kasarnya memaksa minta rujukan, itu tidak dibayar," ungkap petugas rumah sakit itu. 

VIRAL: Kepala Siswi SMK Ini Tak Tertangkap Kamera, Ternyata Nasib Nahas Dialaminya hingga Kondisinya Begini

APS artinya Atas Permintaan Sendiri.

Banyak pasien atau peserta BPJS yang tidak tahu dengan 3 kata ini. 

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Mohamad Yoenus
Sumber: Nakita
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help