NAM CSSTC dan IORA Teken Kerjasama di Bidang Pembangunan Ekonomi

Nota kesepahaman tentang Kerangka Kerja Kolaborasi antara NAM CSSTC dan IORA telah ditandatangani, Selasa (28/11/2017) di Jakarta.

NAM CSSTC dan IORA Teken Kerjasama di Bidang Pembangunan Ekonomi
Kemlu.go.id

TRIBUNWOW.COM - Nota kesepahaman tentang Kerangka Kerja Kolaborasi antara Non-Aligned Movement Centre for South-South Technical Cooperation (NAM CSSTC) dan Indian Ocean Rim Association (IORA) telah ditandatangani, Selasa (28/11/2017) di Jakarta.

Didampingi oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur NAM CSSTC, Duta Besar Prianti Gagarin Djatmiko Singgih dan Sekretaris Jenderal IORA, K.V. Bhagirath.

Nota kesepahaman ini berisi tentang kerja sama di berbagai bidang pembangunan ekonomi.

Meliputi, sektor blue economy/ekonomi kelautan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pemberdayaan ekoknomi perempuan, nexus food-energy-water (perhubungan pangan-energi-air), dan pengembangan kapasitas.

Kerja sama yang diteken tersebut akan berlaku sampai dua tahun ke depan.

Fokus dari kerja sama dalam nota tersebut adalah untuk meningkatkan kerja sama ekonomi regional negara-negara berkembang.

Untuk diketahui, sejak tahun 2001, NAM CSSTC telah melaksanakan 96 program kegiatan yang diikuti oleh 85 negara anggota Gerakan Non-Blok.

Selain bergerak di pembangunan ekonomi, NAM CSSTC juga berkonsentrasi di bidang pembangunan berkelanjutan, politik, sosial dan budaya.

NAM CSSTC yang berkedudukan di Jakarta ini juga merupakan salah satu sarana efektif yang membantu peningkatan dan percepatan pembangunan di negara-negara berkembang.

(TribunWow.com/Fachri Sakti Nugroho)

Ikuti kami di
Penulis: Fachri Sakti Nugroho
Editor: Fachri Sakti Nugroho
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help