Tertarik Terapkan BWL seperti Andien? Jangan Lewatkan Hal Penting Ini!

Tertarik meniru selebriti atau tren dalam menerapkan pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan metode Baby Led Weaning (BLW)?

Tertarik Terapkan BWL seperti Andien? Jangan Lewatkan Hal Penting Ini!
INSTAGRAM
Andien, Ippe, dan Kawa 

TRIBUNWOW.COM - Tertarik meniru selebriti atau tren dalam menerapkan pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan metode Baby Led Weaning (BLW)? Ketahui dulu plus-minusnya.

Sejak kontroversi metode BLW yang dilakukan seorang penyanyi ramai di media sosial, dokter spesialis anak Lucia Nauli Simbolon, kerap mendapat pertanyaan dari orangtua pasiennya mengenai metode pemberian makanan bayi ini.

"Banyak ibu-ibu yang bertanya boleh atau tidak menerapkan BLW untuk bayi mereka," kata dokter dari RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta ini dalam acara temu media di Jakarta (4/9/2017).

Berbeda dengan metode konvensional, di mana orangtua akan menyuapi bayi MPASI berupa bubur saring di usia 6 bulan, dalam metode BLW makanan padat, biasanya buah atau sayuran akan dikukus dan dipotong kecil, sehingga bisa digenggam bayi dan dimakan langsung.

Metode BLW diperkenalkan oleh Gill Rapley sekitar 10-15 tahun lalu.

Sering Disebut Tiru Gaya Nagita Slavina, Begini Tanggapan Menohok Ayu Ting Ting

Salah satu tujuannya adalah untuk membangun pola makan yang sehat dan baik sedini mungkin.

Dengan membiarkan bayi mengeksplorasi sendiri tekstur, rasa, dan warna makanan, bayi diharapkan belajar menentukan sendiri kapan ingin makan, jumlahnya, dan kapan berhenti makan.

Tidak ada proses menyuapi makanan lunak.

Walau begitu, menurut Lucia dokter tetap menganjurkan pemberian MPASI secara bertahap sesuai usia bayi.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Galih Pangestu Jati
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help