Sekali Kim Jong-un Marah Bisa Rugikan Korea Utara Rp13 Miliar Gara-gara Luncurkan Rudal Balistik

Jika dinilai dari sisi biaya, untuk melakukan uji coba peluncuran setiap rudal balistik, Korut seharusnya bisa bangkrut secara ekonomi.

Sekali Kim Jong-un Marah Bisa Rugikan Korea Utara Rp13 Miliar Gara-gara Luncurkan Rudal Balistik
NET
Ilustrasi 

TRIBUNWOW.COM - Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) pada Jumat (28/7/2017).

Uji coba itu dilakukan untuk menunjukkan “puncah kamarahan puncak” Kim Jong-un kepada Amerika Serikat.

Rudal ICBM Korut, yang oleh militer AS sendiri diakui bisa menjangkau daratan AS, telah membuat Pentagon berpikir serius untuk segera melakukan tindakan militer terhadap Korut.

Meskipun pada faktanya Presiden AS Donald Trump hanya bisa mengutuk.

Sering Dihutangi Mahasiswa, Penjual Nasi Ini Dapat Balasan Tak Terduga

Tapi jika dinilai dari sisi biaya, untuk melakukan uji coba peluncuran setiap rudal balistik, Korut seharusnya bisa bangkrut secara ekonomi.

Pasalnya harga “paling murah” rudal yang diluncurkan demi memenuhi kesenangan sekaligus wujud kemarahan Kim Jong-un itu berkisar di angka Rp13 milliar.

Dan jika yang diluncurkan Korut merupakan rudal ICBM canggih seperti Hwasong-14 maka harganya bisa melebihi Rp100 milliar.

Sejak Kim Jong-un berkuasa, diam-diam Kementerian Pertahanan Korsel telah menghitung jumlah peluncuran rudal-rudal Korut sekaligus jumlah total biayanya.

Dari tahun 2011 hingga Juli 2017, Korut tercatat telah meluncurkan 31 rudal dengan total biaya mencapai sekitar 100 juta dolar AS (sekitar 1,3 triliun).

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Tinwarotul Fatonah
Sumber: Intisari
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2018
About us
Help