Home »

News

»

Jakarta

Setya Novanto Tersangka

Jadi Tersangka e-KTP, Setya Novanto Terancam 20 Tahun Penjara dan Denda Milyaran Rupiah

Setya Novanto disangkakan pasal 3 atau 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Jadi Tersangka e-KTP, Setya Novanto Terancam 20 Tahun Penjara dan Denda Milyaran Rupiah
Tribunpontianak.com
Setya Novanto 

TRIBUNWOW.COM - Ketua DPR RI Setya Novanto disangkakan pasal 3 atau 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Adapun dalam pasal 3 tertulis, masa hukuman yang akan dijalani sekurang-kurangnya satu tahun dan paling lama 20 tahun, serta denda paling banyak Rp 1 milyar.

Setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau karena kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dipidana seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dan atau denda paling sedikit 50 juta rupiah dan maksimal 1 miliar.

Inilah Kasus Korupsi yang Pernah Menjerat Setya Novanto Lima Tahun Terkahir, Nomor 3 Paling Parah

Sedangkan pasal 2 ayat 1 ancaman sekurang-kurangnya empat tahun penjara dan maksimal 20 tahun, serta denda paling banyak Rp 1 milyar.

Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dipidana dengan pidana penjara minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun dan denda paling sedikit 200 juta rupiah dan paling banyak 1 miliar rupiah.

Nasib Jabatan Ketua DPR RI Usai Setya Novanto Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Ketua Umum Partai Golkar ini memang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi KTP Elektronik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/7/2017).

"KPK menetapkan saudara SN anggota DPR periode 2009-2014 sebagai tersangka," ujar Agus sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Maya Nirmala Tyas Lalita
Editor: Maya Nirmala Tyas Lalita
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help