Ada Penjelasan Ilmiah Mengapa Banyak Orang Jijik Melihat Foto Lubang-lubang

Apa perasaan Anda saat melihat foto buah teratai di atas? Apakah foto tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman dan merinding.

Ada Penjelasan Ilmiah Mengapa Banyak Orang Jijik Melihat Foto Lubang-lubang
Wikimedia Commons
Foto buah lotus 

TRIBUNWOW.COM - Apa perasaan Anda saat melihat foto buah teratai di atas?

Apakah foto tersebut membuat Anda merasa tidak nyaman dan merinding.

Jika ya, jangan khawatir. Anda bukan satu-satunya di dunia.

Fenomena Langka, Warga Negara Ini Pergi Bekerja Telanjang Gara-gara Pidato sang Presiden

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa sekitar 18 persen perempuan dan 11 persen laki-laki (atau sekitar 15 persen populasi dunia) merasa sangat-sangat tidak nyaman ketika melihat kumpulan lubang atau benjolan.

Dikenal secara umum dengan nama trypophobia, kondisi ini membuat seorang partisipan dari studi yang dipublikasikan pada tahun 2013 dalam jurnal Psychological Science merasa “ingin muntah, menangis, dan gemetar” ketika menghadapi lubang-lubang kecil yang asimetris.

7 Bulan Menikah, Rumah Tangga Seleb Ini di Ujung Jurang Perceraian! Alasannya Tak Terduga!

Padahal, lubang-lubang atau benjolan yang asimetris dan terkumpul dapat ditemui di mana saja, mulai dari punggung kodok Suriname yang mengerikan hingga yang biasa saja seperti sarang madu dan busa sabun.

Oleh karena itu, trypophobia pun menjadi topik yang sangat menarik untuk dipelajari oleh komunitas psikologi dan semakin mereka mempelajarinya, semakin terkuak bahwa trypophobia yang berarti “ketakutan akan lubang” ternyata bukan rasa takut, melainkan rasa jijik.

“Trypophobia lebih mirip dengan rasa jijik daripada takut, dan rasa jijik itu tampaknya merupakan reaksi berlebihan terhadap kontaminan yang potensial.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Maya Nirmala Tyas Lalita
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About us
Help