Wow! UGM Berada di Peringkat Pertama Indonesia Versi Webometrics

UGM menempati posisi pertama dalam peringkat Universitas di Indonesia, diikuti beberapa universitas ternama di Indonesia.

Wow! UGM Berada di Peringkat Pertama Indonesia Versi Webometrics
tribunjogja.com
Universitas Gadjah Mada (UGM) 

Laporan Reporter TribunWow.com, Natalia Bulan Retno Palupi

TRIBUNWOW.COM - Webometrics menyatakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai universitas nomor satu di Indonesia, Minggu (1/1/2017).

Dilansir dari ugm.ac.id, UGM menempati posisi pertama dalam peringkat Universitas di Indonesia, diikuti oleh Universitas Indonesia di peringkat kedua dan Institut Teknologi Bandung di peringkat ketiga.

Sementara itu, di tingkat dunia, UGM kini menempati posisi ke-817. Ingin tahu posisi universitas lain, klik di sini.

Sepuluh besar peringkat Universitas terbaik di Indonesia versi webometrics.info
Sepuluh besar peringkat Universitas terbaik di Indonesia versi webometrics.info (webometrics.info)

"UGM menempati posisi pertama versi Webometrics yang dikeluarkan pada Januari 2017," kata Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI), Widyawan, ST,. M.Sc,. Ph.D, Rabu (8/2/207).

Untuk penilaian peringkat, kriteria yang digunakan adakah presence (kehadiran), impact (dampak), openness (keterbukaan), dan excellence (keunggulan).

Sejak tahun 2015, UGM telah membentuk tim khusus untuk menangani pemeringkatan dan telah melakukan berbagai program untuk terus meningkatkan reputasi internasional.

UGM juga telah menjalankan beberapa program yang terbagi dalam kategori academic internationalitazion, database integration, dan brand equity.

Program yang sudah dijalankan sekarang adalah perpustakaan UGM yang telah menyediakan pembelajaran berupa digital library, baik berupa jurnal online yang dilanggan maupun karya ilmiah mahasiswa dan dosen yang bisa diakses umum.

UGM juga sudah lama memfasilitasi dan mendorong unit kerja dan dosen untuk memanfaatkan media web dan internet untuk mengunggah hasil karya dosen dan profil unit kerja.

Dosen dan mahasiswa di UGM juga difasilitasi blog pribadi, dan semua fakultas maupun departemen juga sudah memiliki web resmi.

Peringkat yang diraih UGM saat ini menunjukkan pengakuan kinerja UGM dalam menghadirkan konten digital yang bermutu di dunia maya, sekaligus menjadi bentuk penghargaan bagi para penggiat teknologi informasi di UGM.

Pemeringkatan ini bisa dijadikan sebagai patokan institusi lain dan menjadi pendorong untuk perbaikan di waktu mendatang, terutama untuk meningkatkan kualitas di tingkat dunia sesuai dengan amanat dakam Rencana Strategis Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2015-2019.

Tentunya pemeringkatan ini juga menjadi semangat UGM untuk meraih peringkat 500 besar tingkat dunia.

(*)

Ikuti kami di
Penulis: Natalia Bulan Retno Palupi
Editor: Tinwarotul Fatonah
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved